PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS ALMUSLIM-PROVINSI ACEH

Hariki Fitrah

Sari


ABSTRAK

Menciptakan suatu pembelajaran yang bermakna tidak lepas dari pemahaman seorang guru tentang kurikulum. Kurikulum merupakan suatu hal yang penting dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dalam suatu negara.Terjadinya beberapa kali pergantian kurikulum di indonesia merupakan suatu upaya pemerintah dalam meningktkan kualitas pendidikan di tanah air. Guru sebagai pelaksana kurikulum disekolah dituntut untuk mampu mengaplikasikan kurikulum dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa pendidikan geoografi tentang kurikulum 2013. Informan dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa pendidikan geografi semester IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.hasil penelitian menujukan bahwa belum semua mahasiswa semester IV paham dengan kurikulum 2013, hal ini juga terlihat dari kemampuan beberapa orang mahasiswa dalam membuat RPP yang masih kurang.

Kata Kunci: Pemahaman, kurikulum 2013


PENDAHULUAN

Menurut PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam kunandar (2007:102) menjelaskan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Dari defenisi kurikulum terlihat bahwa didalam kurikulum sudah tercantum dan dijelaskan bagaimana cara penyelenggaran pendidikan. Oleh karena dalam pelaksanaanya dilapangan harus berpedoman kepada kurikulum yang berlaku.

Jika dilihat defenisi kurikulum dikaitkan dengan dimensi rencana menurut Tim Pengembang MKDP kurikulum dan Pembelajaran UPI (2011:7) makna dari dimensi kurikulum ini adalah seperangkat rencana dan cara mengadministrasikan tujua, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunkan untuk pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan tertentu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Emzir. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kunandar, 2007. Guru Profesional Implementasi KTSP dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI. 2011. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • »