PENERAPAN METODE PROMETHEE UNTUK PENENTUAN SEKOLAH TERBAIK

Iqbal .

Sari


ABSTRAK

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah. SPK didefinisikan sebagai sistem untuk mendukung para pengambil keputusan manajerial dalam situasi keputusan semiterstruktur. Kemampuan dalam mengambil keputusan yang cepat dan cermat akan menjadi kunci keberhasilan dalam penentuan sekolah terbaik. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masih kesulitan dalam menentukan sekolah terbaik karena banyaknya kriteria yang harus dipenuhi dan dipertimbangkan. Hal tersebut menyebabkan penilaian yang dilakukan untuk tiap sekolah memerlukan waktu yang cukup lama dan juga rumit, sehingga keputusan yang diambil kurang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Untuk membantu Disicion Maker (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan)  dalam menentuan sekolah terbaik maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan Metode Promethee. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif.

Kata Kunci: Metode Promethee, SPK,  Sekolah Terbaik


PENDAHULUAN

Salah satu sarana alternatife untuk pemecahan masalah dari berbagai macam persoalan yang muncul dalam pengambilan keputusan yaitu menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK), SPK dimaksudkan agar dapat menjadi alat bantu bagi manajerial dalam pengambilan keputusan untuk memperluas kapabilitasnya.

Kunci keberhasilan dalam persaingan yaitu kemampuan dalam mengambil keputusan yang cepat, sumber informasi sangat menentukan dalam pengambilan keputusan terhadap penentuan alternative terbaik, kemajuan teknologi informasi telah menyediakan pilihan secara efektif dan efisein kepada Disicion Maker yang dilakukan oleh manajemen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bin Ladjamudin, Al bahra. 2005. Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eka (2009) sistem pendukung keputusan pemilihan calon pegawai marketing dengan menggunakan metode promethee (Studi Kasus Pusat Layanan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang)

Havery, James L. 2009. Information Systems : Theory and Practice, Second Edition,Yourdon Press. Prentice Hall

Jogiyanto, Hartono, 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta.

Kusrini. 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta. ANDI

Manama, Mc John. 2009. Introduction Systems Analysis and Design. Second Edition, Prentice Hall

Nugroho, A. (2009) Konsep Pengembangan Sistem Basis Data, Bandung: Informatika.

Roger S, Pressman (2010) Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Andi Yogyakarta.

Setiawan 2005 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pada Supplier Furniture Menggunakan Model Promethee

Sutabri S. Kom., MM, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • »
  • »