LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM

Mulyadi Zakaria

Sari


ABSTRAK

Kualitas kepribadian anak didik kita belakangan ini kian memprihatinkan. Maraknya tawuran antar remaja di berbagai kota ditambah dengan sejumlah perilaku mereka yang cenderung anarkis, meningkatnya penyalahgunaan narkoba, dan suburnya pergaulan bebas di kalangan mereka adalah bukti bahwa pendidikan kita telah gagal membentuk akhlak anak didik. Pendidikan kita selama ini memang telah melahirkan alumnus yang menguasai sains-teknologi melalui pendidikan formal yang diikutinya. Akan tetapi, pendidikan yang ada tidak berhasil menanamkan nilai-nilai kebajikan.

Kata Kunci: Filosofis pendidikan Islam


PENDAHULUAN

Kegagalan pendidikan bukan hanya diukur dari standar pemenuhan lapangan kerja. Masalah yang lebih besar adalah pendidikan kita belum bisa menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia. Ahmad Tafsir menegaskan, bangsa-bangsa yang dimusnahkan Tuhan bukan karena tidak menguasai iptek atau kurang pandai, namun karena buruknya akhlak. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q. S. Adzariyaat ayat 34:

Artinya: Yang ditandai di sisi Tuhanmu untuk membinasakan orang-orang yang melampaui batas

Oleh Karena itu, mengutip kata-kata bijak para filosof, pendidikan sejatinya ditujukan untuk membantu memanusiakan manusia. Pendidikan tersebut harus mencakup unsur jasmani, rohani dan kalbu. Implementasi ketiga unsur itu dalam format pendidikan niscaya menghasilkan lulusan dengan nilai kemanusiaan yang tinggi. Hanya saja, kita melihat pendidikan di Indonesia sangat jauh dari yang diharapkan bahkan jauh tertinggal dengan Negara-negara berkembang lainnya. Hal ini setidaknya dapat dilihat dari rendahnya kualitas SDM yang dihasilkan. Pendek kata, pendidikan kita belum mampu mengantarkan anak didik pada kesadaran akan dirinya sebagai manusia. Padahal, manusia adalah pelaku utama dalam proses pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alquran dan Terjemahan Departemen Agama R.I

Abdul Munir Mulkan, Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan dakwah, SIPRESS,1993

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, PT, Bina Aksara, Jakarta 1987

Prof. Dr. Omar Muhammad Al-Toumy As-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang,1979.

Prof.Dr. Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung 2004

Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung, Alfabeta 2004.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »