PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Deni Adriani

Sari


ABSTRAK

Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dapat dilakukan melalui suatu kegiatan yang disebut dengan belajar. Melalui belajar inilah akan terjadi perubahan-perubahan dalam diri individu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan guru bidang studi pendidikan ekonomi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP terlihat bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Nilai thitung variabel kebiasaan belajar (X) sebesar 8,193 sedangkan ttabel sebesar 1,988 Hal ini berarti thitung> ttabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima,

Kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar ekonomi


PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang baik dalam keluarga, masyarakat dan bangsa. Negara Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan sumber daya manusia yang berkulitas. Salah satu usaha menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui pendidikan. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional melalui proses belajar mengajar.

Pendidikan nasional tersebut mempunyai fungsi yang harus diperhatikan. Fungsi pendidikan nasional dapat dilihat pada Undang-undang No. 20 Tahun 2003 pasal 3 yang menyatakan bahwa:

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: AlfabetaDjaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Glynn, Shawn M., Etc. 20122. Motivation to Learn in General Education Programs.(Online). (jesserbishop.wiki.westga.edu/file/view/motivation+general+education.pdf/. diakses 7 Desember 2012)

Hardjo, sri dan Badjuri.2012. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang.Jurnal.Http://www.lppm.ut.ac.id/htmppublikasi/12srihardjo.htm. diakses tgl 29 Mei 2012.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »