SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DUTA WISATA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Eva Darnila

Sari


ABSTRAK

Teknologi berkembang dengan sangat cepat dan menghasilkan inovasi baru. Salah satu bidang tersebut adalah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan duta wisata dan bagaimana menerapan Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu pihak instansi dalam menentukan pemilihan duta wisata terbaik dengan menerapkan metode TOPSIS.  Pemilihan duta wisata menggunakan kriteria pretasi, kedisiplinan, kepribadian, penampilan dan kreativitas. Pengambilan keputusan untuk menetapkan siapakah yang akan menjadi Duta wisata terbaik sudah memenuhi kualitas yang diterima atau tidak di dasari beberapa kriteria yang ditetapkan oleh oleh panitia dan untuk menghindari subyektifitas keputusan. Hasil penelitian dengan adanya Pemilihan Duta wisata adalah kualitas duta wisata akan semakin lebih baik dengan adanya persaingan yang positif untuk memperoleh duta wisata terbaik.  Selanjutnya dapat membantu pihak pemerintah daerah dalam megambil keputusan menentukan pemilihan Duta wisata di lhokseumawe dan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dari pihak panitia dalam menentukan pemilihan Duta wisata terbaik.

Kata Kunci: Sistem Pendukung keputusan, Duta Wisata

 


PENDAHULUAN

Salah satu upaya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah dengan melakukan suatu pengukuran terhadap maksimal atau tidaknya seorang duta wisata dalam menerima segala yang diberikan oleh pihak-pihak terkait baik internal maupun eksternal. Pemilihan merupakan cara pengukuran kontribusi-kontribusi dari individu dalam instansi yang dilakukan terhadap organisasi. Nilai penting dari pemilihan adalah menyangkut penentuan tingkat kontribusi individu atau kinerja yang diekspresikan dalam penyelesaian tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Pada saat ini pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat dan menghasilkan inovasi baru yang harus diimbangi dengan kemampuan beradaptasi terhadap teknologi tersebut. Salah satu bidang tersebut adalah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Sistem Pendukung Keputusan sebagai sekumpulan tools komputer yang terintegrasi yang mengijinkan seorang pengambil kebijakan untuk berinteraksi langsung dengan komputer, untuk menciptakan informasi yang berguna dalam membuat keputusan semi terstruktur dan keputusan tak terstruktur yang tidak terantisipasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta

Kusumadewi, S., Hartati,S. Harjoko, A., dan Wardoyo, R., 2006, Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Leliyana Andriyani, Peran Duta Wisata Dalam Mempromosikan Kebudayaan dan Pariwisata di Kalimantan Timur, 2014 eJournal llmu Komunikasi, 2014, 2 (4) : 154-170, http://ejournal.ilkom.fisip unmul.ac.id / site / wp-content/uploads/ 2014/11/ Jurnal Peran 20 Duta Wisata 20Dalam Mempromosikan Kebudayaan dan Pariwisata di 0Kalimantan Timur (11-16-14-10-45-44).pdf Tanggal Akses 24 Januari 2016

McLeod, R.Jr.,1995, Management Information System, 6th Ed., Prentice Hall.Inc, New Jersey.

McLeod, R., Jr., Schell, G., P., Arthur I. Stonehill dan Michael H. Moffet, 2001, Management Information System, 8th Edition, Prentice Hall Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Simon, J.L., 2000, Developing decision Making Skills for Business. Armonk NYME. Sharpe

S.J., Chen, C.L., Hwang, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making: methods and Applications, Springer-Verlag, Berlin, 1992.

S. Opricovic, G-H. Tzeng, Compromise solution by MCDM methods: A comparative analysis of VIKOR and TOPSIS, European Journal of Operational Research, 2004, 156, 445–455.

Turban., E., Aronson, J.E., dan Liang, T.P., 2005, Decision Support System and Intellegent System, 7th (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas Jilid 1), Dwi Prabantini, Andi Offset, Yogyakarta.

Pressman, R.S., 2001, Software Engineering, A Practitioner’s Approach, 5th Edition, McGraw-Hill, Inc. New York.


Refbacks

  • »
  • »
  • »