PENINGKATAN PRESTASI PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN PERSONAL

Muhammad Iqbal

Sari


Pendidikan merupakan usaha manusia guna meningkatkan kehidupanguna menuju yang lebih baik. Pendidikan merupakan salah satu indikator untuk mengukur maju mundurnya suatu masyarakat, daerah, Negara atau bangsa. Dalam hubungan proses belajar mengajar, tenaga pendidik adalah penanggung jawab utama, namun demikian keberhasilan formal harus ditunjang oleh partisipasi aktif dari orang tua dan masyarakat. Keberhasilan proses belajar mengajar terlihat dari tingkah laku peserta didik. Oleh sebab itu peserta didik harus memikirkan dan membuat strategi secara tepat dalam meningkatkan kegiatan belajar bagi peserta didiknya. Sejalan dengan meningkatnya tuntutan sehari-hari, maka pendekatan personal dapat menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan prestasi belajar. Dengan pendekatan personal akan dapat memperbesar keinginan peseta didik untuk belajar seperti diharapkan.

Kata kunci: Pendekatan Personal, Prestasi dan Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdi Guru, 2006. IPS Terpadu Kelas VII. Erlangga: Jakarta

Abuddin,. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Arikunto, dkk, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Dacana. 2006. Pembinaan disiplin Di Lingkungan Masyarakat Kota, Nusa Tenggara Barat. NTB : Depdikbud.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdikbud R.I.

Dhiauddin Rais, Muhammad. 2001. Teori Politik Islam. Jakarta: Gema Insani.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zaini, Aswah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Koentjaraninggrat, 2008. Kebudayaan, Mentalitas, Pembangunan, Jakarta:Gramedia.

Maidiyah, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Unsyiah

Purwadarminta. 1976:768. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, N. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Karya.

Purwanto.M,Pd. 2010. Evaluasi Hasil Belajar Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Rusefendi. 1982. Dasar-dasar Matematika Modern. Bandung: Tarsito.

Simajuntak, L. 1982. Cara Mengajar Dengan Hasil Baik. Jakarta: CV. Diponegoro.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemandi Surya Grata. 1972:6. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statika. Bandung: Tarsito.

Sumiati, Asra. 2009. Metode Pembelajaran, Bandung: CV. Wahana Prima

Sunardi, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Surlito, Sarwono Wirawan.2002. Psikologi Lingkungan. Jakarta: Rasindo.

Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah.Rineka Cipta: Jakarta.

Sutarto. 2008. Geografi Untuk SMP. Pusat Perbukuan: Jakarta

Usman, Moh. Uzer. 1975. Menjadi Tenaga pendidik Profesional. Bandung: Depdikbud.

Winkel, WS. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.