TEORI BELAJAR MENURUT ALIRAN PSIKOLOGI GESTALT SERTA IMPLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Rahmi Novalita

Sari


Psikologi Gestalt merupakan salah satu aliran psikologi yang mempelajari suatu gejala sebagai suatu keseluruhan atau totalitas, data-data dalam psikologi Gestalt disebut sebagai Fenomena (gejala). Prinsip Dasar Gestalt yaitu;a) Interaksi antara individu dan lingkungan disebut sebagai perceptual field. Setiap perceptual field memiliki organisasi, yang cenderung dipersepsikan oleh manusia sebagai figure and ground. Oleh karena itu kemampuan persepsi ini merupakan fungsi bawaan manusia, bukan skill yang dipelajari. Pengorganisasian ini mempengaruhi makna yang dibentuk, dan b) Prinsip-prinsip pengorganisasian meliputi: 1) Principle of Proximity, Principle of Similarit, 2) Principle of Objective Set , Principle of Continuity, 3) Principle of Closure/ Principle of Good Form dan 4) , Principle of Figure and Ground . Hukum – Hukum Belajar Gestalt meliputi; a) Hukum keterdekatan, b) Hukum ketertutupan, c) Hukum kesamaan, dan d) Hukum kontinuitas. Aplikasi teori gestalt dalam Dunia Pendidikan; 1) Belajar dapat dilakukan dengan cara: a) Belajar dimulai dari suatu keseluruhan, b) Keseluruhan memberikan makna kepada bagian-bagian, c) Individuasi bagian-bagian dari keseluruhan, d) Anak belajar dengan menggunakan pemahaman atau insight. 2) Insight timbul melalui; a) Kesanggupan, b) Pengalaman, c) Taraf kompleksitas dari suatu situasi, d) Latihan, dan e) Trial and Error.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atkinson, Rita L, Richard C. Atkinson, dan Ernest R. Hilgard, pengantar psikologi (judul asli Introduction to Psychology) edisi ke8, jilid 1, Jakarta, Erlangga

Boeree, George, Sejarah Psikologi: Dari Masa Kelahiran Sampai Masa Modern, Jogjakarta: Prismasophie, 2005Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008

Naisaban, Ladidlaus, Para Psikolog Terkemuka Dunia: Riwayat Hidup, Pokok Pikiran, dan Karya, Jakarta: Grasindo 2004

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran: Beroreintasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006

Sujanto, Agus, Psikologi Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006

Syaodih, Nana, Landasan Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakatya, 2008

Tim Pengembang ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu & Aplikasi Pendidikan: bagian 4 Pendidikan Lintas Bidang, Bandung: PT.Imperial Bhakti Utama, 2007


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.