PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT PEUDADA KABUPATEN BIREUEN

Zul fikar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kompetensi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada kantor Camat Peudada. Hal ini diperlukan untuk melihat seberapa besar pengaruh daripada kompetensi terhadap kinerja pegawai yang bekerja pada kantor Kecamatan Peudada. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai negeri sipil (PNS) pada kantor Camat Peudada. Subjek penelitian yang akan digunakan sebagai sampel penelitian diambil dengan teknik probability sampling, dengan kriteria pengambilan sampel adalah  Pegawai Negeri Sipil. Oleh karena jumlah populasi dalam penelitian ini hanya sebesar 29 orang, maka seluruhnya 29 orang tersebut dijadikan sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana yang perhitungannya dibantu dengan program SPSS. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung  (3,964) > ttabel (2,051), sig p (0,000) < 0,05, dan nilai R = 0,450. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu Kompetensi (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) pada kantor Camat Peudada. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,203 atau 20,3%, dari variasi variabel Kinerja Pegawai pada kantor Camat Peudada yang mampu dijelaskan oleh variabel Kompetensi, sedangkan sisanya 79,7% merupakan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kesimpulan akhir dari penelitian ini yaitu Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Peudada.

Kata Kunci: Pengaruh, Kompetensi, Kinerja Pegawai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi, Cetakan Ketigabelas, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Byars and Rue, 2000. Human Resource Management: A Practical Approach, Harcourt Brace, New York.

Cooley, David, 1999. Organizational Culture and Leadership, Jossey-Bass Publishing, San Fransisco.

Dharma, Surya, 2009. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya, Cetakan Kedua, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gibson, James L., Jhon M. Ivancevich dan James H. Donnelly Jr., 2000. Organizations, MecGraw-Hill International, Boston.

Gitosudarmo, Indriyo, 2000. Perilaku Keorganisasian, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Khoirul, Muhammad, 2001. “Pengaruh Budaya Organisasi” terhadap Kinerja Pegawai Universitas Muhammadiyah Malang, Lembaga Penelitian Universitas Muhammadiyah, Malang.

Komariah, Aan, 2008. Kepemimpinan Visioner dan Corporate Culture

di Perguruan Tinggi, Cetakan Pertama, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinichi, 2003. Perilaku Organisasi, Buku 2, Edisi Kelima, Penerjemah: Erly Suandy, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad, 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lako, Andreas, 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi: Isu, Teori, dan Solusi, Cetakan Pertama, Penerbit Amara Books, Yogyakarta.

Luthans, Fred, 2005. Organizational Behavior, Seventh Edition, McGraw-Hill International, Singapore.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Ketujuh, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

McCormick, Earnest J. and Tiffin, 2002. Human Resource Management, Prentice-Hall, Singapore.

Ndraha, Taliziduhu, 2003. Budaya Organisasi, Cetakan Kedua, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Notoadmodjo, Soekidjo, 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Rachmawati., Ike Kusdyah, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Rivai, Veithzal, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

____________, 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbins, Stephen P., 2008. Organizational Behavior, Prentice Hall Inc., New Jersey.

Safaria, Triantoro, 2004. Kepemimpinan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Schein, Edgar H., 2000. Organizational Culture and Leadership, Jossey-Bass Publisher, San Fransisco.

Sedarmayanti, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Pertama, Penerbit PT.Refika Aditama, Bandung.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendy, 1995. Metode Penelitian Survei, Cetakan Kedua, Penerbit PT. Pustaka LP3ES, Jakarta.

Sofyandi, Herman dan Iwa Garniwa, 2007. Perilaku Organisasional, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesembilan, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Stoner, James AF., dan Edward R. Freeman, 1996. Management, Prentice Hall Inc., New Jersey.

Tampubolon, Manahan P., 2008. Perilaku Keorganisasian, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Umar, Husein, 2008. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah, Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.