PENERAPAN RUMUS GERAK LURUS BERATURAN PADA RANCANGAN PENUTUPAN PORTAL PINTU KERETA API

Iqbal M.Kom

Sari


Rancangan penutupan portal pintu kereta api menggunakan rumus gerak lurus beraturan bertujuan memberikan model gambaran yang nyata tentang bagaimana cara kerja penutupan portal kereta api secara otomatis, sistem manual yang masih mengunakan tenaga manusia atau operator untuk mengoperasikan buka tutup portal perlintasan kereta api memiliki banyak kelemahan seperti kesalahan operator maupun gagalnya operasi portal yang secara manual bisa mengakibatkan semakin besar kemungkinan terjadi kecelakaan kereta api pada portal perlintasan

Kata kunci: GLB, Portal Pintu dan Kereta Api


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewanto; (2013); “Simulasi Rancangan Sistem Mekanik Pemanfaatan Bobot Kendaraan Sebagai Sumber Energi Pembuka Palang Pintu (Portal)”,

Hutauruk (2012) “Mengurai Kemacetan Lalulintas Pada Area Lintasan Kereta Api Yang Berdekatan Dengan Simpang Empat” Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.

Indriyanto, 2007;“Rancang Bangun Pintu Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Passive Infra Red KC7783R Dan Mikrokontroler AT89S51”,Program Studi DIII Instrumentasi Dan Elektronika Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Diponegoro Semarang.

Perhubungan, Departemen; 2013, “Penyebab Kecelakaan Kereta Api Didominasi Human Error”, diakses pada tanggal 05 Maret 2014, http://m.dephub.go.id/read/berita/direktorat-jenderalperkeretaapian/penyebab-kecelakaan-kereta-api-didominasi-human-error-15056

Sumarsono, Joko, 2009; "Fisika untuk SMA/MA Kelas X", Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Solichin, “Simulasi Kendali Pintu Perlintasan dan Pemberitahuan Kedatangan Kereta Api Otomatis Menggunakan Sensor Optocoupler dan SMS Gateway pada Stasiun Kereta Api Kebayoran”, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur Jakarta

Syaiful (2012) “Pengaruh Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Tundaan Dan Panjang Antrian Kendaraan Pada Jalan Raya Malang - Surabaya Km.10”. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang

Syahid (2013) “Rancang Bangun Kendali Palang Parkir Mobil Menggunakan Smart Card Berbasis Plc”, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang

Supriyoko (2013) “Sistem Monitoring Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic 6”, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.