PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA TOPIKTOPIK ESENSIAL MATEMATIKA SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SD

Marzuki Asrul Karim dan Riandi Marisa

Sari


Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah tersusunnya bahan ajar berbasis open-ended
problem dengan pendekatan realistik untuk mahasiswa calon guru yang didukung oleh pemahaman
konsep dan kemampuan berpikir kristis pada mahasiswa calon guru. Tujuan ini dapat tercapai
melalui tersusunnya bahan ajar topik-topik esensial matematika SD berdasarkan open-ended
problem dengan pendekatan realistik dan pembelajarannya sehingga memudahkan calon guru dalam
mengimplementasinya di lapangan. Untuk melihat keefektifan model bahan ajar berbasis open-ended
problem dengan pendekatan realistik pada topik-topik matematika sekolah dasar yang dihasilkan,
akan dilakukan uji coba pada mahasiswa calon guru pada mata kuliah matematika dasar. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dimulai
dengan pengembangan bahan ajar berbasis open-ended problem dengan pendekatan realistik pada
topik-topik esensial matematika sekolah dasar dan pembelajarannya, dan diikuti dengan
implementasi di lapangan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS
17.0 for window. Berdasarkan hasil yang diperoleh pemahaman konsep dan kemampuan berpikir
kritis antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan bahan ajar topik-topik esensial
matematika SD berbasis open-ended problem dengan pendekatan realistik lebih baik dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Open-ended Problem, Pendekatan Realistik, Topik-topik Esensial Matematika SD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Maulana. 2007. Alternatif Pembelajaran

Matematika dengan Pendekatan

Metakognitif untuk

Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Mahasiswa

PGSD. Makalah disajikan pada

Seminar Nasional Matematika

tentang Permasalahan

Matematika dan Pendidikan

Matematika Terkini yang

diselenggarakan oleh Jurusan

Pendidikan Matematika FMIPA

Universitas Pendidikan

Indonesia. Bandung, 8 Desember

Maulana. 2008. “Pendekatan Metakognitif

Sebagai Alternatif Pembelajaran

Matematika Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis

Mahasiswa PGSD”. Jurnal

Pendidikan Dasar. (10). 39-46.

Pramono, T .et al. (2008). “Model

Pembelajaran Kooperatif STAD

Untuk Meningkatkan Penguasaan

Konsep Cahaya dan

Keterampilan Berpikir Kreatif

Siswa SMP ”. Jurnal Penelitian

Pendidikan IPA. II (2), 203-212.

Rochaminah, S. (2008). Penggunaan

Metode Penemuan untuk

Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Matematis

Mahasiswa Keguruan. [Online]

http://www.puslitjaknov.org/data/

file/2008/makalah_peserta/07_Su

tji%20Rochaminah_Penggunaan

%20Metode%20Penemuan%20u

ntuk%20meningkatkan%20kema

mpuan.pdf [15 Maret 2013]

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi

Matematik: Apa, Mengapa, Dan

Bagaimana Dikembangkan Pada

Peserta Didik. [Online] tersedia

di http://math.sps.upi.edu/wpcontent/

uploads/2010/02/BERFI

KIR-DAN-DISPOSISIMATEMATIK-

SPS-2010.pdf.

Januari 20011]

Yaniwati, Poppy. 2001. Pembelajaran

Dengan Pendekatan Open-Ended

Dalam Upaya Meningkatkan

Kemampuan Koneksi

Matematika Siswa. Fakultas

Keguruan dan ilmu Pendidikan

Universitas Pasundan. Bandung:

Hasil Penelitian, Tidak

diterbitkan.

Zulkifli. 2011. Perlukah Pembelajaran

Bilangan dan Operasinya di SD

Direformasi? Makalah disajikan

pada Seminar Nasional

Matematika dan Terapan 2

diselenggarakan di Universitas

Almuslim Bekerja Sama Dengan

IndoMs. Bireuen, 28-29

November 2011


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.