POLA PENDIDIKAN ISLAM PADA PERIODE RASULULLAH DI MEKKAH DAN MADINAH

Najmuddin MA

Sari


Pola pendidikan yang dilakukan oleh Rasulullah sejalan dengan tahapan- tahapan dakwah yang
disampaikan kepada kaum Quraisy melalui tiga tahap, yaitu tahap pendidikan secara rahasia dan
perorangan, pendidikan secara terbuka dan terang-terangan serta pendidikan yang dilakukan secara
meluas. Metode pendidikan yang dilakukan Rasulullah dalam mendidik sahabat- sahabatnya melalui
1) metode ceramah, menyampaikan wahyu yang baru diterimanya dan memberikan penjelasanpenjelasan
serta keterengan- keterangannya; 2) dialog;. 3) diskusi atau tanya jawab; 4) metode
perumpamaan, misalnya orang mukmin itu laksana satu tubuh, bila sakit salah satu anggota tubuh
maka anggota tubuh lainnya akan turut merasakannya; 5) metode kisah, misalnya kisah beliau dalm
perjalanan isra’ dan miraj dan kisah tentang pertemuan nabi Musa dengan nabi Khaidir; 6) metode
pembiasaan: membiasakan kaum muslimin shalat berjamaah; 7) metode hafalan misalnya para
sahabat dianjurkan untuk menjaga al-Quran dengan menghafalnya.
Kata Kunci: Dakwah, metode, pendidkan islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haekal, 1972. Sejarah Hidup Muhammad,

Penrj. Ali Audah. Balai Pustaka.

Jakarta.

Hasan Ibrahim, 2002. Sejarah dan

Kebudayaan Islam, Penerj. H. A.

Baharudin. Kalam Mulia. Jakarta.

Jilid I, cet. 1.

Najb Khalid al-Amar, 1996. Tarbiyah

Rasulullah, Pentj. Ibn Muhammad,

Fakruddin Nursyam. Gema Insani

Pres. Jakarta.

Shafiyurrahman al-Mubarakfury, 2000.

Shirah Nabawiyah, Pent. Kathur

Suhardi. Pustaka Al- kautsar.

Jakarta. Cetakan ke- 9, h. 46-64

Zuhairin, dkk, 1997. Sejarah Pendidikan

Islam.. Bumi Aksara bekerja sama

dengan Direktorat Jenderal

Pembinaan Kelembagaan Agama

islam Departemen Agama. Jakarta.

Cetakan ke- 5


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.