PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM AL-QUR'AN KATA INSAN, BASYAR DAN BANI ADAM

Iskandar dan Najmuddin

Sari


Pendidikan sebagai proses pemanusiawian manusia (humanisasi) bersumber dari pemikiran
humanisme. Hal ini sejalan dengan makna dasar humanisme sebagai pendidikan manusia. Sistem
pendidikan dalam Islam yang dibangun atas dasar nilai-nilai humanistik sejak awal kemunculannya
sesuai dengan esensinya sebagai agama kemanusiaan. Islam menjadikan dimensi kemanusiaan
sebagai orientasi pendidikannya. Sangatlah naif kalau dikatakan bahwa konsep pendidikan
humanistik-Islami merupakan konsep pendidikan Barat yang diberi label Islam.tulisan ini
menjelaskan dengan terang dan menyertakan dalil-dalil berdasarkan al-Qur‟an.
Kata Kunci: Pendidikan, Humanis, Insan, Basyar dan Bani Adam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mas‟ud, Menggagas Format

Pendidikan Non-dikotomik:

Humanisme Religius sebagai

Paradigma Pendidikan Islam

(Yogyakarta: Gama Media),

Abdurrahman Umdirah, Metode al-Qur‟an

dalam Pendidikan, terj. Abdul

Hadi Basulthanah (Surabaya:

Mutiara Ilmu), t.t.

Al-Attas, The Concept of Education; Wan

Mohd Nor Wan Daud, Filsafat

dan Praktik Pendidikan Islam

Syed M. Naquib al-Attas, terj.

Hamid Fahmy, M. Arifin Ismail,

dan Iskandar Amel, ed. Abd.

Syukur Dj. (Bandung: Mizan),

Ali Syari‟ati, Humanisme: antara Islam dan

Mazhab Barat, terj. Afif

Muhammad (Bandung: Pustaka

Hidayah), 1996.

al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia

(Yogyakarta: Unit Pengadaan

Buku-buku Ilmiah Keagamaan

Pondok Pesantren al-Munawwir),

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi

dan Moderasi menuju Milenium

Baru (Jakarta: Logos Wacana

Ilmu), 1999.

Dawam Raharjo, Pandangan al-Qur‟an

Tentang Manusia Dalam

Pendidikan Dan Perspektif al-

Qur‟an ( Yogyakarta : LPPI),

Departemen Agama RI, Al-Qur‟an dan

Terjemahan (Surabaya: Al-

Hidayah, 1998

Frank G. Goble, Mazhab Ketiga: Psikologi

Humanistik Abraham Maslow,

terj. A. Supratinya (Yogyakarta:

Kanisius), 1997.

Frederick A. Olafson, “Humanism and

Education”, dalam Lee C.

Deighton (ed. in chief), The

Encyclopedia of Education, Vol.

(USA: The MacMillan

Company & The Fee Press),

Kuntowijoyo, Paradigma Islam:

Interpretasi untuk Aksi, ed. A.E.

Priyono (Bandung: Mizan), 1998.

M. Quraish Shihab, Membumikan al-

Qur‟an (Bandung : Mizan), 1994.

Machasin, “Pendidikan sebagai Strategi

Memberdayakan Umat”, dalam

Pendidikan Islam dalam

Peradaban Industrial

(Yogyakarta: Aditya Media,

Morris L. Bigge, Learning Theories for

Teachers (New York: Harper &

Row, 1982.

Muhammad Youseef Moussa, Islam and

Humanity‟s Need of It (Cairo:

The Supreme Council for Islamic

Affairs, 1379 H.

Paulo Freire, Pedagogy of the Oppressed,

terj. Myra Bergman Ramos (New

York: Penguin Books), 1972.

Rif‟at Syauqi Nawawi, Konsep Manusia

Menurut al-Qur‟an dalam

Metodologi Psikologi Islami, Ed.

Rendra (Yogyakarta Pustaka

Pelajar), 2000.

Sayyid Qutb, Tafsir fi Zilal al-Qur‟an, Juz

(Beirut: Dar al-Ihya‟, t.t.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.