PERBANDINGAN PRESTASI SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE KONVENSONAL PADA DALIL PHYTAGORAS TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN
Sari
Rendahnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi aktif siswa itu sendiri ketika belajar, sehingga mereka tidak memilki cukup pengalaman ketika berhadapan dengan soal evaluasi. Ketidak mampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal mengenai dalil phitagoras. Untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut dilakukan pembelajaran demgan metode problem solving yang mengikutsertakan siswa untuk mendapatkan peran, mampu mengembangkan kemampuan siswa belajar menjadi lebih menarik dan dapat membuat penyelesaian permasalahan bukan satu cara. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Peusangan Selatan berjumlah 61 orang. Sampel dalam penelitian 31 orang siswa Kelas kontrol dan 30 orang siswa kelas kelas eksperimen. Data di analisis statistik chikuadat perolehan hasil penelitian prestasi siswa diajarkan dengan menggunakan pemecahan masalah lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan mengunakan metode konvensional pada materi dalil phitagoras terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Polya G. (1981). Mathematical discovery on Understanding. Learning and Teaching Problem Solving. New York: John Willey & Sons. Ruberu J. (2008). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.