SISTEM PENILAIAN BERSTANDAR NASIONAL DALAM PENDIDIKAN

Zahriyanti MA

Sari


Penilaian merupakan proses pegumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Untuk itu, setiap penilaian harus dilakukan secara baik dan tepat. Tulisan ini mencoba mengkaji tentang pengembangan sistem penilaian berstandar nasional yang meliputi pengembangan kisi-kisi soal, teknik penyusunan soal, analisis hasil pembelajaran, dan proses remedial dan pengayaan. Usaha-usaha yang dimaksud terutama yang berkaitan dengan penyusunan dan penafsiran hasil penilaian. Pada umumnya, kegiatan penilaian yang dilakukan dan disusun sendiri oleh guru yang bersangkutan. Oleh karena hasil penilaian itu sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Alat penilaian/evaluasi yang dipergunakan harus dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi kelayakan, kesahihan maupun kepercayaannya. Untuk itu, para guru haruslah menguasai teknik penyusunan dan penilaian alat evaluasi serta penafsiran terhadap hasil penilaian yang diperoleh, baik berupa data kuantitatif maupun kualitatif.

 

Kata Kunci: Sistem Penilaian Berstandar Nasional


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Al-Ghazali, Ihya’ Ulum ad-Din, Juz IV.

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Abdurrahman An-Nahlawi; Penerjemah, Shihabuddin, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995. Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, t.th.

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al-Gahzali, Ayyuhal Walad, terjemah Abu A. Husainy, Solo: Pustaka Zawiyah, 2003.

Badan Standar Nasional Pendidikan, Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/ Silabus SMA/ MA Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA, 2006.

Burhan Nurgiyantoro, Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE, 1995.

Dasim Budimansyah, Model Pembelajaran Portofolio, Bandung: Ganesindo, 2003.

H.A.R Tilaar, Manajemen Pendidikan Nasional, Kajian Pendidikan Masa Depan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Hamzah B.Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Hasyim Asy’ari, Menjadi Orang Pintar dan Benar, Yogyakarta: Qistas, 2003.

Hallen .A, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Kasful Anwar, Hendra Harmi, Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: Alfabeta, 2010.

Masnur Muchlis, KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual (Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah), Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Hidakarya, 1990.

M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Martinis Yamin, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Ciputat: Gaung Persada Press, 2005.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 2009.

Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Nana Sudjana, Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Oemar Hamalik, Pengajaran Unit, Bandung: Alumni, 1982.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2001.

Saidan Lubis, Penerapan Prinsip Qur'ani dalam Evaluasi Pembelajaran dan Kediklatan, Padang: Widyaiswara Muada Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan, 2009.

Sumarna Suraprana, Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Tim Pustaka Yustisia, Panduan Lengkap KTSP SD/MI, SMP, dan SMA/SMK, cet ke-II, Yogyakarta: Pustaka Yustisia, 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.