SURVEY PENGGUNAAN KONTRASEPSI SUNTIK 3 BULAN PADA AKSEPTOR DENGAN GANGGUAN MENSTRUASI DI PKM PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

SITI RAHMAH SST, M.Kes

Sari


Salah satu masalah terpenting yang dihadapi oleh negara berkembang, seperti di Indonesia yaitu ledakan penduduk. Ledakan penduduk mengakibatkan laju pertumbuhan penduduk yang pesat hal ini karena minimnya pengetahuan serta pola budaya pada masyarakat setempat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah Indonesia telah menerapkan program Keluarga Berencana (KB) yang dimulai sejak tahun 1968 dengan mendirikan LKBN (Lembaga Keluarga Berencana Nasional) yang kemudian dalam perkembangannya menjadi BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional). Gerakan Keluarga Berencana Nasional bertujuan untuk mengontrol laju pertumbuhan penduduk dan juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gangguan menstruasi pada ibu akseptor KB suntik 3 bulan di PKM Peusangan Kabupaten Bireuen tahun 2015. Penelitian yang bersifat survey deskriptif, populasi dari penelitian ini adalah akseptor KB di Puskesmas Peusangan Kabupaten Bireuen yang berjumlah 325 orang. Sapel dalam penelitian ini 42 responden. Berdasarkan hasil penelitian survey morbiditas penggunaan KB suntik 3 bulan dengan gangguan menstruasi di Puskesmas Peusangan Kabupaten Bireuen terhadap 42 responden diantaranya terdapat 28 responden dengan gangguan kelainan siklus (67%), 8 orang responden dengan gangguan kelainan banyaknya darah (19%), 6 orang responden (14%) dengan gangguan lain pada saat menstruasi seperti premenstual tension, mastodinia, mittelshmerz, dan dismenorea, dan tidak ada yang mengalami gangguan perdarahan diluar haid.Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa gangguan menstruasi yang paling sering muncul pada akseptor KB suntik 3 bulan adalah pada kategori kelainan siklus. Diharapkan pada ibu akseptor KB suntik 3 bulan dapat mengetahui dan mengenai gangguan menstruasi yang ditimbulkan oleh pemakaian KB suntik 3 bulan. Dan akseptor diharapkan apabila adanya gangguan menstruasi segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Kata Kunci: Kontrasepsi, Suntik 3 Bulan, Menstruasi


Referensi


Budiarto. (2009). Biostatistika Untuk Kedokteran Dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta, EGC.

Depkes, RI. (2010). Macam-macam penelitian, (internet), Diperoleh dari www. Depkes, RI. co. id, (diakses pada tanggal 10 April 2014).

Hartanto H. (2010). Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta, Pustaka Sinar Harapan.

Machfoedz, I. (2009). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Fitramaya.

Notoadmodjo, S. (2007). Metodelogi Penelitian Survei. Jakarta: Rineka Cipta.

_______(2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Rineka Cipta.

Saifuddin AB, dkk. (2010). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

_______(2010). Ilmu kandungan. Jakarta, Yayasan Bina Pustaka.

Saifuddin. (2008). Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta, Yayasan Bina Pustaka.

_______ (2006). Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta, Yayasan Bina Pustaka.

Wiknjosastro, (2007). Ilmu Kandungan. Jakarta, Bina Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.