PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION
Sari
guru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas
menjadi segar dan kondusif, dimana masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannya
semaksimal mungkin. Aktivitas yang timbul dari siswa akan mengakibatkan pula terbentuknya
pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi. Salah satu model
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan diatas adalah model pembelajaran Group Investigation.
Pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran Group Investigation dapat membuat
siswa saling bekerjasama dan berinteraksi antar siswa dalam kelompok tanpa memandang latar
belakang. Model pembelajaran Group Investigation juga dapat memotivasi dan mendorong siswa
agar aktif dalam proses belajar melalui tahap pertama sampai tahap akhir pelajaran. Berdasarkan
penelitian-penelitian tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation, didapat bahwa
model pembelajaran ini dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar.
Kata kunci: Prestasi belajar, Model Group Investigation
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alifah, 2011. Model Pembelajaran
Kooperatif. http://alifahdaigakusei.
blogspot.com. (19 April
Budi Santoso, Eko, 2011. Model
Pembelajaran Group Investigation.
http://www.ras-eko.co.cc. (24 Mei
Djamarah, 2005. Strategi belajar mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Dimyanti dan Mudjiono, 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta : Rineka
Cipta
Purwanto, 2006. Psikoligi pendidikan.
Bandung:CV. remaja Karya.
Purwodarminto, 2005. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
Sudrajat, Akhmad, 2009. Pembelajaran
Kooperatif Metode Group
Investigation.
http://akhmadsudrajat.worgpress.co
m (20 Juni 2009)
Sugirahayu, 2006. Prestasi Belajar. Jakarta:
Balai Pustaka
Sanjaya, Wina, 2008. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses pendidikan.
Bandung: Kencana.
Suprijono, Agus,2009. Cooperative
Learning. Teori dan Aplikasi
PAIKEM. Surabaya: Pustaka
Pelajar.
Trianto, 2009, Model-Model pembelajaran
Inovatif Berorientasi
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan
Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf
Publishing.
http://hdl.handle.net/123456789/1050,
diakses pada tanggal 21-11-2013
http://eprints.uny.ac.id/view/subjects/DI.ht
ml, diakses pada tanggal 21-11-
http://eprints.uns.ac.id/5004/1/14890160820
pdf, diakses pada tanggal
-11-2013.
http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/
index.php/journal_pp/down
lod/28/26, diakses pada tanggal 21-
-2013.
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jpe/se
arch/authors/view, diakses pada
tanggal 21-11-2013.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.