PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN DAN TEPUNG BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) DALAM RANSUM TERHADAP KADAR KOLESTEROL DAGING ITIK

Yayuk Kurnia Risna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa taraf pemberian Tepung Daun dan Buah Mengkudu dalam ransum terhadap Kadar Kolesterol Daging Itik. Pada penelitian ini digunakan 84 ekor anak itik umur 1 hari dari pembibitan Medan yang ditempatkan dalam 21 unit petak kandang dengan ukuran (70 x 60 x 60) cm dan dilengkapi dengan tempat makan, minum serta lampu pijar sebagai sumber pemanas dan penerangan. Ransum perlakuan mengandung beberapa produk : Tepung Daun Mengkudu (TDM) dan Tepung Buah Mengkudu (TBM) dengan taraf yang berbeda yaitu A Kontrol, B 8 % TDM, C 16 % TDM, D 24 % TDM, E 8 % TBM, F 16 % TBM, G 24 % TBM. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 3 ulangan. Peubah yang diamati adalah kadar kolesterol daging itik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar kolesterol daging itik.

 

Kata Kunci: Itik, mengkudu, kadar kolesterol daging


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djanah, D. J. 1985. Beternak Ayam dan Itik. Yasaguna, Jakarta.

Djauhariya, E dan Tirtoboma. 2001. Mengkudu (Morinda citrifolia L) tanaman obat tradisional multikhasiat. Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri Puslitbang Perkebunan Bogor 7: 1-7.

Heinicke, R. 1950. Mengkudu tingkatkan daya tahan tubuh. http://Saifulmysureco. Tripod. Com/id 21. html, diakses 5 November 2007.

Mayes, P. A. 1999. Metabolisme Lemak di dalam Biokimia Harper, Ed Ke-24. EGC, Jakarta.

Muhajir. 2002. Turunkan kolesterol ayam kampung dengan lisin. Poultry Indonesia. 68-69.

Nakue, H. S., R. R. Lowry., P. R. Cheeke dan C. H. Arscott. 1980. The effect of dietary alfalfa of varying saponin content on yolk cholesterol level and layer performance. J. Poultry Sci. 59 : 2744.

Rofiq, M. N. 2003. Pengaruh pakan berbahan baku lokal terhadap performans vili usus. Jurnal Saint dan Teknologi Edisi 5A. BPTP, Jakarta Dinas Perkebunan, 2009. Produksi Buah Kelapa. Sumatera Barat

Sally, E. 2003. Pengaruh infusa mengkudu terhadap kadar kolesterol total, trigliserida, LDL dan HDL serum darah mencit (Mus musculus) setelah pemberian pakan tinggi lemak. Skripsi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Surabaya.

Sitepoe, M. 1992. Kolesterol Fobia. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Syahruddin, E. 2002. Penggunaan eceng gondok fermentasi dalam ransum terhadap kandungan kolesterol dan system pencernaan ayam broiler. J. Peternakan dan Lingkungan. 08:44-47.

Syamsuhidayat, dan SS Hutapea JR. 1991. Inventaris Tanaman Obat Indonesia Badan Litbang Kesehatan, Depkes RI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.