PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DAPAT ENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI KEADAAN BENUA DI DUNIA PELAJARAN IPS PADA SD NEGERI 5 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

Nurliah Nurliah

Sari


Pada kondisi awal, hasil tes ulangan harian siswa berada jauh dari harapan. Diketahui bahwa siswa Kelas VI SD Negeri 5 Muara Batu yang memiliki nilai kurang dari KKM 70, jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimum pada Materi Daur Hidup Hewan dan Cara Memelihara Hewan sebanyak 11 siswa (55%). Sedangkan yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 9 siswa (45%) dari 20 orang siswa di Kelas VI SD Negeri 5 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: apakah melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VI Materi Keadaan Benua di Dunia Pelajaran IPS pada SD Negeri 5 Muara Batu?, Tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VI Materi Keadaan Benua di Dunia Pelajaran IPS melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada SD Negeri 5 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d. November 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 5 Muara Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata Kunci: Pengertian Pelajaran IPA, Pengertian Belajar, Pengertian Prestasi Belajar dan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Meier, Dave. 2002. The Accelarated Learning Hand Book. Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. Bandung: Kaifa.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Ridwan. 2005. Belajar Mengajar Kreatif, Bandung: Alfabeta.

Suranto, 2008, Konsep Mutu, Semarang, Sindur Press.

Suyatno.2007. Aneka Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Jakarta.

Sri Harmianto, 2011, Model pembelajaran Inovatif, Bandung, Alfabeta.

Triatna, 2008, Bagaimana Menjadi Guru Penulis, Bandung, CV.Citra Praya.

Wiratmadja, 2008, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.