PENERAPAN BELAJAR KOOPERATIF MODEL PENYELIDIKAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS UNSUR-UNSUR TEKS BERITA YANG DIDENGAR DAN DIBACA DENGAN BENAR

Azizah Azizah

Sari


Peningkatan kemampuan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP selama ini dirasa kurang memuaskan, karena kegiatan pembelajarannya kebanyakan masih berpusat pada guru. Guru lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menyampaikan materi secara verbal, sebaliknya kurang memberikan kesempatan kepada siswa mengungkapkan pendapatnya. Pada umumnya siswa belajar secara individual dan kompetitif. Sementara itu, jika pun ada pembelajaran kelompok, gurulah yang menjadi pusat atau mendominasi proses belajar. Salah satu jalan keluar untuk mengatasi kelemahan tersebut, peneliti mencoba menerapkan belajar kooperatif model penyelidikan kelompok dalam rangka meningkatkan kemampuan apresiasi sastra pada siswa, khususnya untuk analisis unsur-unsur Teks Berita yang didengar dan dibaca dengan benar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penyelidikan kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa menganalisis teks berita yang didengar dan dibaca dengan benar, meningkatkan motivasi siswa, dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Saran yang perlu diajukan sesuai hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun pelajaran lainnya disarankan menerapkan model penyelidikan kelompok dalam pembelajaran apresiasi sastra, (2) guru mata pelajaran bahasa Indonesia maupun pelajaran lainnya disarankan mengintegrasikan berbagai nilai (imtak, sosial, dan budaya) dalam proses pembelajarannya, (3) disarankan kepada guru-guru atau peneliti lainnya untuk mengadakan penelitian serupa atau penelitian dalam cakupan yang lebih luas.

Kata Kunci: Penerapan Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim, M & Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkn Pemecahan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Kardi, S dan Nur, M. 2000. Pengantar pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan, T.G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Rofi’uddin, A. Dan Zuhdi, D. 2001. Pendidikan dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: UM Press.

Departemen Pendidikan Nasional 2004. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

------------ 2003. Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliah.

------------ 2003. Pedoman Umum Pengembangan Silabus, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.