URGENSI METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE
Sari
Penelitian tindakan kelas bertujuan secara deskriptif untuk mengetahui pengaruh metode ceramah terhadap peningkatan kemampuan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Subjek yang diberi tindakan adalah siswa kelas SMAN 2 Lhokseumawe. Tahun pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 27 peserta didik dan terbagi atas 4 dan 5 kelompok. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan mengunakan metode ceramah, peneliti menjelaskan materi kepada siswa lalu siswa menganalisis materi yang di dengar dengan bertanya dan menyimpulkan di catatan siswa. Hipotesis pada penelitian ini adalah: “Urgensi metode ceramah dalam Meningkatkan motivasi belajar siwa kelas XI pada materi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Lhokseumawe”. Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa melalui metode ceramah dilakukan tes dengan cara peneliti menyuruh siswa mengutarakan kembali materi yang siswa pahami. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecendrungan prestasi belajar siswa jauh lebih baik yaitu skor rata-rata sebelum 7,5 dan setelah diadakan tindakan menjadi 9,6 dengan demikian peningkatan prestasi sebesar 2,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode ceramah mampu memotivasi dan meningkatkan kemampuan siswa SMA Negeri 2 Lhokseumawe, serta pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran Pendididkan Agama Islam.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Metode CeramahTeks Lengkap:
PDFReferensi
Arief, Armai. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, 2002. Jakarta: Ciputat Pres.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, 2000. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, 2001. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rikena Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineksa Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya University Press Universitas Negeri Surabaya.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.