UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENERAPAN METODA UJI COBA LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Linda Roosini

Sari


Hasil observasi awal dan diskusi teman sejawat yang dilakukan melalui kegiatan kunjungan ke sekolah diperoleh bahwa hasil belajar kimia siswa kelas X selama ini sangat rendah (rata-rata 4,85), meskipun telah dilakukan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun hasilnya masih jauh dari harapan. Tujuan penelitian tindakan kelas yang ingin dicapai diantaranya adalah untukmengefektifkan dan meningkatkan penguasaan materi kimia siswa kelas X semester I SMA Negeri 2 Lhokseumawe dari siklus ke siklus. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Penelitian dilaksanakan di kelas X semester I Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa pemanfaatan bahan-bahan lingkungan (bahan-bahan sehari-hari) dalam pembelajaran kimia di kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe dapat meningkatkan aktivitas dan hasil tes siswa, sehingga dapat pula dikatakan bahwa pembelajaran yang berlangsung cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Peningkatan Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Metoda Uji Coba Langsung.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Echols, John M. dan Hasan Shadily. 2003. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Johari, J.M.C. dan M. Rachmawati. 2004. Kimia SMA untuk Kelas XI. Jakarta: Esis.

Koestantionah. 2003. Pembelajaran Sains Sekolah dasar dengan Mengoptimalkan Kompetensi Siswa melalui Pembelajaran PAKEM. Abstrak.

K, Roestiyah N. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristi, Implementasi dan Inovasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nur’aini, Dewi Nur dan Sabar Cahyono. 2004. Simpati Kimia Semester 2 Kelas XI. Surakarta: CV. Grahadi.

Pusat Kurikulum: Balai Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Materi Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Umum, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.