UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN IBL (INQUIRY BASED-LEARNING) PADA KELAS XI SMA NEGERI 7 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nuriza Nuriza

Sari


Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran dengan Pendekatan IBL (Inquiry Based-Learning) pada Kelas XI SMA Negeri 7 Lhokseumawe". Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMA 7 Lhokseumawe ternyata hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Lhokseumawe masih rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan terobosan dalam pembelajaran kimia dengan melakukan metode pembelajaran dengan pendekatan IBL. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Lhokseumawe yang beralamat di Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe, pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL pada mata pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan sistem koloid dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Lhokseumawe.

Kata Kunci: Model Pembelajaran dengan Pendekatan IBL (Inquiry Based-Learning)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Echols, John M. dan Hasan Shadily. 2003. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Johari, J.M.C. dan M. Rachmawati. 2004. Kimia SMA untuk kelas XI. Jakarta: Esis.

K, Roestiyah N. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi dan Inovasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nur’aini, Dewi Nur dan Sabar Cahyono. Simpati Kimia Semester 2 Kelas XI. Surakarta: CV. Grahadi.

Purba, Michael. 2004. Kimia untuk SMA Kelas 2B. Jakarta: Erlangga.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Adrian. 2004. http://artikel.us/art05-65.html. Metode Mengajar Berdasarkan Tipologi Belajar Siswa. 20-10-2004. 14.00.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.