PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BIOTEKNOLOGI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS XII IPA 3 SMA NEGERI 1 SAMALANGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Errnawati Ernawati

Sari


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui Metode Pembelajaran Media Pembelajaran Komik Strip untuk mendapatkan teori-teori baru tentang peningkatan hasil belajar siswa. Kegiatan ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus sebagai subjek penelitian kelas dengan judul “Penerapan Media Pembelajaran Komik Strip Pada Materi Perkoperasian untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Samalanga Tahun Ajaran 2017/2018”. Siswa berjumlah 29 orang. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini hasil tes siswa, hasil observasi, kolaborasi dan dokumen nilai. Sedangkan teknik kumpulan data dilakukan dengan melaksanakan pengumpulan hasil belajar siswa di setiap siklus dan hasil observasi yang dideskripsikan secara kualitatif kooperatif. Data dihasilkan dari hasil test dan pengamatan untuk dijadikan data yang valid dengan verifikasi pada beberapa aspek. Hasil belajarpun mengalami peningkatan di siklus I ketuntasan belajar 60%, sedangkan disiklus II ketuntasan belajar 80%, disamping itu tanggapan siswa juga positif Melalui Media Pembelajaran Komik Strip ini terlihat dari angket yang dijawab siswa yang merasa senang dengan model pembelajaran ini.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Komik Strip, Materi Perkoperasian, Motivasi dan Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Ahmadi, Abu, dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Etin Solihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Lie, Anita, Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia, 2005.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.