UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI FUNGSI DAN KEWENANGAN LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA MENURUT UUD NRI TAHUN 1945 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DI SMA NEGERI 1 PEUDADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Sari
Laporan hasil penelitian ini menyangkut dengan hasil belajar siswa Kelas X pada materi fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945 melalui model pembelajaran open ended di SMA Negeri 1 Peudada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.” Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X pada materi fungsi dan kewenangan lembaga- lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945 melalui model pembelajaran open ended di SMA Negeri 1 Peudada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) hasil test, yang meliputi tes awal dan tes akhir, (2) hasil pengamatan (observasi), yang meliputi pengamatan (observasi) terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, (3) hasil wawancara dengan responden penelitian, (4) hasil catatan lapangan dengan subjek penelitian siswa Kelas X SMA Negeri 1 Peudada yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian pada akhir siklus I, siswa yang memperoleh nilai ≥70 adalah sebanyak 19 orang. Dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 adalah 67,85%, dan 9 orang siswa memperoleh nilai <70, sehingga diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai < 70 adalah 32,15%, dan ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat belum berlangsung dengan baik, diperoleh persentase rata-rata adalah 74,16%. Sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang memperoleh nilai ≥70 adalah sebanyak 25 orang. Dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥70 adalah 89,28%, dan 3 orang siswa memperoleh nilai <70, sehingga diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai <70 adalah 10,72%, ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat persentase rata-rata adalah 84,16%. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Open Ended dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar serta Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945 di SMA Negeri 1 Peudada.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Fungsi dan Kewenangan Lembag- Lembaga Negara Menurut UUD NRI Tahun 1945, Model Pembelajaran Open EndedTeks Lengkap:
PDFReferensi
Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Group
Abin Syamsudin Makmum, 2000, Psikologi Kependidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Barrowes. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Nur, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Konterporer. Jakarta: IMSTEP.
Trianto, 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
The Liang Gie. 2000. Kamus Psikologi. Jakarta: PN. Balai Pustaka.
WS. Winkel. 2001. Psikogi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wirodikromo, S. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Model pengembangan Silabus Mata pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PKn. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2013 Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Djamah Sopah, 2001, Pengembangan dan Penggunaan Model Pembelajaran ARIAS, http://www.depdiknas.go.id./Jurnal/31/djamah sopah.htm.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.