PERSEPSI GURU PAMONG TENTANG PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDKAN MAHASISWA GEOGRAFI FIS UNP DI KOTA PADANG

Rahmi Novalita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang persepsi guru pamong tentang praktek pengalaman lapangan kependidikan mahasiswa geografi FIS UNP di Kota padang yang meliputi: 1) persepsi guru pamong tentang perencanaan pembelajaran; 2) persepsi guru pamong tentang pelaksanaan pembelajaran; penelitian ini adalah penelitian deskriptif.. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) perencanaan pembelajaran, dan 2) pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan: 1) Persepsi guru pamong tentang perencanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Dengan perolehan mean sebesar 3,7;. 2) Persepsi guru pamong tentang pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik dengan perolehan mean 3,80
Kata Kunci : persepsi guru pamong praktek pengalaman lapangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara

Mardalis, (1995). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Gramedia

Nasution, (1998). Metodologi Penelitian. Bandung.Tarsito

Rahmat, Jalaluddin. 1985. Psikologi Komunikasi Bandung: Renaja Rodaskarya

Samana, A. 2002. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Karnisius

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suasti, Yurni dkk 2006. Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial UNP

LENTERA: Vol.13 No.3 September 2013 88

Suryosubrito, B. 1997. Proses belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tika, Pabundu. (1997). Metode Penelitian Geografi, Jakarta: Gramedia

UNP. 2008. Petunjuk Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan Mahasiswa.padang: UPPL UNP.

Wardani, IGK. 1994. Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Departeman Pendidikan dan kebudayaan.

Wijaya, Cee. 1991. Kemapuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mangajar.

Bandung; Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.