KEKUATAN TARIK KOMPOSIT HIBRID UNSATURATED POLYESTER/CLAY/SERAT GLAS

Husaini ST, M.Eng

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan clay terhadap kekuatan tarik  komposit hibrid unsaturated polyester/clay/serat glas. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah resin unsaturated polyester, clay, serat glass dan hardener. Metode handy lay-up digunakan untuk persiapan sampel. Unsaturated polyester dicampur clay 0, 2, 4 dan 6% fraksi berat diaduk dengan menggunakan mechanical stirrer selama 120 menit pada temperatur 60 oC, didiamkan selama 10 menit, ditambahkan  hardener 1% fraksi berat, diaduk selama 2 menit, dimasukkan dalam tabung hampa selama 2 menit, dituangkan dalam cetakan secara berturut-turut yang diawali dengan matrik, lembaran serat glass, dipadatkan dengan roll baja dan diakhiri dengan matrik. Proses selanjutnya didiamkan selama 24 jam pada temperatur ruang, dimasukkan dalam oven pemanas selama 3 jam pada temperatur 80oC dan spesimen dipotong untuk uji tarik dan bending. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan clay 2% fraksi berat menaikkan kekuatan tarik, tetapi penambahan clay lebih dari 2% fraksi berat menurunkan kekuatan tarik dari komposit hibrid unsaturated polyester/clay/serat glas. Pengujian uji tarik  menunjukkan fraksi clay  yang optimum  terjadi pada 2% dengan kenaikan kekuatan tarik sebesar 12,8%.

 

Kata kunci : Unsaturated polyester, clay, serat glas, komposit hibrid dan kekuatan tarik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mallick, P.K., 2007, “ Fiber-reinforced Composites”, 3 rd Ed., CRC Press, USA.

Hussain, F., Hojjati, M., Okamoto, M dan Gorga, R. E., 2006, “Review article : Polymer-Matrix Nanocomposites, Processing, Manufacturing, and Application : An Overview”, Journal of Composite Materials, Vol. 40, No. 17.

Harris, B., 2003, “Fatigue in Composites”, Woodhead Publishing Limited & CRC Press LLC, England.

Vasiliev, V. V., dan Morozov, E. V., 2001, “ Mechanics and Analysis of Composite Materials”, Elsevier Science, UK.

Mauritz, A. P. dan A.G. Gibson, 2006, “Fire Properties of Polymer Composite Materials”, Springer, Netherland.

Xu, Y., dan Hoa, S. V., 2008, “Mechanical Properties of Carbon Fiber Reinforced Epoxy/Clay Nanocomposites”, Composites Science and Technology, Vol. 68, pp. 854-861.

Datoo, M. H., 1991, “Mechanics of Fibrous Composites”, Elsevier Science Publishers LTD, England


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.