PENGARUH KONSENTRASI GIBERELIN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma Cacao L.)

Saniar Fauza

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konsentrasi giberelin terhadap pertumbuhan bibit kakao. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei  sampai tanggal 15 Juli 2018 di Gampong Blang Mee Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen dengan ketinggian tempat 5 mdpl. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial terdiri dari 3 taraf perlakuan konsenterasi giberaline yaitu: G0 = Kontrol, G1 = 1ml/liter air dan G2 = 1,5ml/Liiter air dan G2 = 2ml/liter air. Pengamatan yang diamati dalam penelitian ini meliputi jumlah keluar kecambah, potensi tumbuh, daya tumbuh, tinggi bibit, jumlah daun bibit, diameter batang bibit, panjang akar dan jumlah akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perlakuan konsentrasi giberelin berpengaruh sangat nyata terhadap potensi tumbuh, daya tumbuh, panjang akar dan jumlah akar dan berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah keluar kecambah, tinggi bibit, jumlah daun bibit dan diameter batang. Perlakuan terbaik dijumpai pada perlakuan kosentrasi hormon Giberelin 2 ml/l air (G2)

Kata Kunci: Konsentrasi giberelin, Pertumbuhan Bibit Kakao.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dwijosapoetro. 2014. Pengantar Fisiologi Tumbuhan, Gramedia. Jakarta.

Heddy, S. 2016. Hormon Tumbuhan. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Heydecker, W. 2013. Germination of an Idea: The Priming of Seeds. School of Agriculture Research, University of Nottingham, Nottingham.

Kamil, Jurnalis. 2009. Teknologi Benih. Padang: Angkasa Raya

Sadjad, S. 2009. Metode Uji Langsung Viabilitas Benih. Bogor. IPB

Salisbury, F. B. dan C. W. Ross. 2015. Fisiologi Tumbuhan, Perkembangan Tumbuhan, dan Fisiologi Lingkungan. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Suyatmi, Dwi Hastuti, Darmanti Sri. 2016. Pengaruh Lama Perendaman dan Konsentrasi Asam Sulfat (H2SO4) terhadap Perkecambahan Benih Jati (Tectona grandis Linn.f). Laboratorium Biologi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Jurusan Biologi F. MIPA UNDIP.

Tim Bina Karya Tani. 2017. Pedoman Bertanam Cokelat. Bandung: Yrama Widya.

Rukmana, E. 2015. Teknik Pelaksanaan Kegiatan Efikasi Zat Perangsang Tumbuh Pada Bawang Merah. Buletin Teknik Pertanian. Vol. 9.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.