PENGARUH KONSENTRASI AUKSIN TERHADAP VIABILITAS BENIH SEMANGKA (Citrullus Vulgaris Schard)

Saniar Fauza

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi auksin terhadap viabilitas benih semangka. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Bibit Desa Gampong Padang Kasab Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2019. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial yang terdiri dari 4 taraf perlakuan konsentrasi auksin (A) yaitu: A0 = kontrol, A1 = 1ml/500 ml air dan A2 = 1,5ml/500 ml air dan A3= 2 ml/500 ml air. Pengamatan yang diamati dalam penelitian ini meliputi jumlah keluar kecamabah, potensi tumbuh, daya berkecambah, keserempakan tumbuh, \tinggi kecambah dan panjang akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi auksin terhadap viabilitas benih semangka berpengaruh sangat nyata terhadap umur berkecambah, potensi tumbuh, daya tumbuh, keserempakan tumbuh,  tinggi bibit dan panjang akar bibit. Perlakuan terbaik dijumpai pada perlakuan konsentrasi auksin 2ml/500 ml air.

Kata Kunci: konsentrasi, Auksin, Viabilitas dan Semangka.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Santoso Imam, Sulistyani, dan Sudarsianto, 2014. Studi Perkecambahan Benih Kakao Melalui Metode Perendaman. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Jember.

Sutopo. L. 2012. Teknologi Benih. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Suyatmi., Dwi. H., Darmanti. S. 2016. Pengaruh Lama Perendaman dan Konsentrasi Asam Sulfat (H2SO4) terhadap Perkecambahan Benih Jati (Tectona grandis Linn.f). Laboratorium Biologi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Jurusan Biologi F. MIPA UNDIP

Sunarlim. N., Syukria. I., Joko. P. 2012. Pelukaan Benih dan Perendaman Dengan Atonik pada Perkecambahan Benih dan Pertumbuhan Tanaman Semangka Non Biji (Citrullus vulgaris Schard L.). Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Sutopo. L. 2012. Teknologi Benih. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Fatma. D. N. 2015. Zat Pengatur Tumbuh Asam Giberelin (GA3) dan Pengaruh Terhadap Perkecambahan Benih Palem Raja (Roystonea regia). Jurnal Penelitian Agrobisnis. Universitas Baturaja, Malang.

Purwitasari, S. 2013. Kajian Suhu Ruang Simpan Terhadap Kualitas Benih Kedelai Hitam dan Kedelai Kuning. Jurnal Ilmu Pertanian.

Dwijasaputro, 2014. Fisiologis Tumbuhan. Gadjah Mada Press, Yogyakarta. Fatimah, S. N. 2008. Efektivitas Air Kelapa dan Leri terhadap Pertumbuhan Tanaman Hias Bromelia (Neoregelia carolinae) pada Media yang Berbeda. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas. Skripsi. Muhammadiyah Surakarta

Ratnasari Tuti, 2010. Kajian Pembelahan Umbi Benih dan Perendaman dalam Giberelin pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.). Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.