PENGELOLAAN SUMBERDAYA TIDAK PULIH BERBASIS EKONOMI SUMBERDAYA (STUDI KASUS : PT.ARUN NGL )

amir amiruddin amiruddin

Sari


Rencana pengoperasian tambang minyak PT. Arun NGL menjadi perhatian publik menyusul berkembangnya  opini bahwa pihak Indonesia dianggap tidak  memegang  kendali  terhadap pengoperasian PT. Arun NGL. Pandangan ini tidak  sepenuhnya benar mengingat bahwa seluruh kegiatan pengembangan lapangan di PT. Arun NGL dengan kandungan gas yang sangat besar tersebut tetap harus dengan persetujuan Badan Pengelola Minyak dan Gas (BP  Migas). Hal ini  sebagai mana diatur dalam   UU Migas No 22/2001,  BP Migas merupakan  lembaga yang memiliki wewenang untuk mengawasi kegiatan ekplorasi dan  eksploitasi kegiatan migas hulu. Penulisan  makalah ini dimaksud untuk mengkaji  sistem pengelolaan tambang minyak untuk peningkatan  kesejahteraan  masyarakat  berdasarkan pendekatan  teori  ekonomi  sumberdaya (kelautan)  sekaligus sarana aplikasi dalam mencermati permasalahan pengelolaan  sumberdaya alam  tak pulih.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arun NGL. 2012. Tiga Dekade Kilang LNG Arun. Kontribusi bagi bangsa dan Negara. Editor: Jaleswari Pramodhawardani. ISBN: 979-111-220-7

Fauzi, Akhmad. 2000. Persepsi terhadap Nilai Ekonomi Sumberdaya. Bahan Pelatihan untuk Pelatih Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu. Bogor,November 2000.

Fauzi, Akhmad. 2004. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hayyan Ul Haq. 2006. Mencari Solusi Untuk Freeport. Jakarta : Artikel Harian Kompas, Selasa 21 Maret 2006.

Kusumastanto T. 2000. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Bogor : Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan lautan Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor.

Sahat MHS. 1997. Tambang Busang Yang Malang. Makalah / Bahan Kuliah Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika (tidak dipublikasikan).

Sahat MHS. 2006. Ekonomi Sumberdaya Alam Kelautan. Bahan Kuliah Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika (tidak dipublikasikan).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.