MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X.MIA.1 SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK
Sari
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalahuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi tentang akuntansi melalui model pembelajaran discovery learning bagi siswa kelas X.MIA.1 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X.MIA.1 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi tentang akuntansi bagi siswa kelas X.MIA.1 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur.
Kata Kunci: hasil belajar matematika, trigonometri, student teams achievement division (STAD).
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Z. (2017). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi, & dkk. 2008. Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiah. 1995. Metodik khusus pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Noryana. (2016). Penggunaan metode pembelajaran kreatif pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Bandung: Yrama Widya.
Suryosubroto. 2006. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.