PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BAGI SISWA KELAS XI.MIA.6 SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK
Sari
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang trigonometri melalui model pembelajaran student teams achievement division (STAD) bagi siswa kelas XI.MIA.6 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIA.6 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaranSTAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang trigonometri bagi siswa kelas XI.MIA.6 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur.
Kata Kunci: hasil belajar matematika, trigonometri, student teams achievement division (STAD).
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Z. 2017. Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi, & dkk. 2008. Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiah. 1995. Metodik khusus pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo.
Noryana. 2016. Penggunaan metode pembelajaran kreatif pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Bandung: Yrama Widya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.