STRATEGI PEMASARAN DODOL PULUT DI DESA PALOH KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan pada Usaha Dodol Pulut di Desa Paloh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada usaha dodol pulut di Desa Paloh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan usaha dalam pemasaran dodol pulut di daerah penelitian adalah produksi kontinu, bahan baku mudah didapatkan, dan produk tanpa bahan pengawet. Kelemahan usaha dalam pemasaran di daerah penelitian adalah pengolahan produk masih manual, kurangnya pemanfaatan teknologi dan sifat produk tidak tahan lama. Peluang usaha dalam pemasaran di daerah penelitian adalah permintaan produk dodol pulut semakin tinggi, akses transportasi yang mudah, dan luasnya potensi pasar. Sedangkan ancaman usaha dalam pemasaran dodol pulut di daerah penelitian adalah banyaknya variasi makanan baru, adanya pengusaha jenis dodol lainnya, dan selera konsumen berubah-ubah. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh pengusaha dodol pulut adalah strategi Growth (Pertumbuhan), yang berarti usaha tersebut menguntungkan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Dodol Pulut, SWOT.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Assauri, Soyjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFEUI.
Brotodihardjo, Santoso. 2008. Pengantar Ilmu Hukum Pajak, PT. Refika. Aditama, Bandung.
Canon, Joseph. P, dkk, 2008. Pemasaran Dasar, Buku I Edisi 16, Salemba Empat. Hutagalung
Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, 2016. Data Industri Kabupaten Bireuen.
Fandy,Tjiptono, 2010. Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang
Haryadi, 2006. Teknologi Pengolahan Beras.Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Hasnibar, 2010. Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Patin (Pangasius Sutchi) di Desa Koto Mesjid Kecamatan Xiii Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau”. Universitas Riau
Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta.
Kumara, 2010. Strategi pemasaran Kue Kering Ubi Jalar Ungu. Universitas Negeri Yogyakarta
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi. Kedua. Jakarta; Salemba Empat.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.