STRATEGI PEMASARAN MANISAN BUAH DI DESA TEUPIN PUNTI KECAMATAN SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Teupin Punti Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara pada bulan Agustus 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta strategi pemasaran manisan buah di Desa Teupin Punti Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Dari hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah menggunakan bahan baku yang berkualitas dan kelemahannya produk tidak tahan lama. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah tempat penjualan yang strategis dan ancamannya berdirinya usaha yang sejenis. Berdasarkan hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk meningkatkan pemasaran manisan buah Kak Nong di Desa Teupin Punti Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara adalah menggunakan strategi agresif yaitu dengan cara memaksimalkan kekuatan internal untuk memanfaatkan dan merebut peluang eksternal melalui kegiatan pemasaran untuk memperoleh keuntungan guna mencapai pertumbuhan perusahaan manisan buah yang berkelanjutan.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Manisan Buah.Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Kotler. 2012. Marketing. Jilid I. Erlangga. Yogyakarta.
Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Mubyarto. 2009. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi 111, LP3S: Jakarta.
Puspitadewi. 2008. Teori Produksi. http://www.library.ohiou.edu. Diakses (20 Maret 2016)
Rangkuti. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia. Pustaka Utama Jakarta.
Rahayuningsih. 2013. Strategi Pemasaran Buah di UD. Wika Mitra Desa Kerobokan Kecamatan Kuta Utara. Jurnal
Soekartawi. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Jakara.
Sugeng. 2014. Strategi Pemasaran Buah Mangga (Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). Jurnal
Supranto dan Nandan. 2007. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.
Swastha dan Handoko, 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Sylvia. 2006. Analisis Strategi Pemasaran Jambu Biji Organik di PT Sawangan Bumi Makmur, Parung, Bogor. Jurnal
Tjiptono. 2008. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogykarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.