STRATEGI PEMASARAN USAHA KERUPUK TEMPE DI DESA BLANG GEULANGGANG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus : Usaha Kerupuk Tempe Ibu Yusnita)

Asrina ., Martina .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2016 di usaha Kerupuk Tempe di Desa Blang Geulanggang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Tujuan dari penelitian di atas adalah: Untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman usaha Kerupuk Tempe di Desa Blang Geulanggang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dan Untuk merumuskan Strategi Pemasaran usaha Kerupuk tempe di Desa Blang Geulanggang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha. Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis Kekuatan dan Kelemahan. Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan Peluang dan Ancaman. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT pada usaha Kerupuk Tempe di Desa Blang Geulanggang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, maka Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Diversifikasi, artinya Meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Kekuatan-kekuatan tersebut agar dapat mengatasi ancaman-ancaman pada usaha kerupuk tempe. Dalam pelaksanaannya, Strategi tersebut dilakukan dengan meningkatkan kuantitas produk dengan cita rasa produk yang khas agar dapat memenuhi jumlah permintaan yang meningkat dan memanfaatkan lembaga simpan pinjam untuk dapat meningkatkan kuantitas produk serta meningkatkan daya tahan produk.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Kerupuk, Agroindustri, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aaker, A. David. 2008. Manajemen Ekuitas Merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda . Jakarta: Mitra Utama.

Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi). Lembaga. Penerbit Fakultas Ekonomi universitas Indonesia

Benyamin Molan, 2007. Principles of Marketing, New Jersey.

Buchari Alma, 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

David, Fred R., 2005. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Fandy Tjiptono. 2007. Manajemen jasa, Edisi Pertama. Andi offset, Yogyakarta.

Ferrel,O.C and D, Harline. 2005. Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation

Istighfarona, 2010. Strategi Pengembangan Pemasaran Kerupuk Udang (Studi Kasus Di Perusahaan Kerupuk Udang “Moro Seneng” Candi-Sidoarjo). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim Surabaya

Jogiyanto,HM., 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi, ANDI, Yogyakarta.

Kotler, Amstrong. 2007. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks : Jakarta.

Pratiwi, 2013. Strategi Pemasaran Dan Peningkatan Kualitas Produk Kerupuk (Studi Kasus di Pabrik Krupuk THR, Kelurahan Sempusari). Universitas Jember.

Rachmat Ramli, 2008. Perencanaan dan Manajemen Pemasaran. Gramedia : Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Santoso, S. 2006. Agroindustri Pertanian dan Pengembangan sektor agribisnis. PT Elek Media Komputindo: Jakarta.

Soekartawi, 2006. Ilmu Usahatani. Gramedia : Jakarta

Syihabur Rohman, 2013. Strategi Pemasaran UD.jaya lestari dalam membangun citra produk kerupuk ikan “najihah”, Skripsi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.