ANALISIS KELAYAKAN USAHA GULA MERAH TEBU DI DESA BLANG MANCUNG KECAMATAN KETOL KABUPATEN ACEH TENGAH (Studi Kasus Agroindustri Milik Bapak Suparmin)

Julia Julia

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Blang Mancung Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah, yaitu pada usaha gula merah tebu Bapak Suparmin, yang dilaksanakan pada bulan Juli 2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha agroindustri gula merah tebu.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis total biaya, pendapatan kotor (penerimaan), pendapatan bersih (keuntungan), analisis Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C), dan Benefit Cost Ratio (B/C). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa agroindustri gula merahBapak Suparmin menguntungkan, dengan total keuntungan sebesar Rp. 35.764.150,-/bulan. Dari perhitungan BEP diperoleh nilai BEP produksi 14.746 kg dannilai BEP harga Rp. 7.090,-/kg, nilai R/C rasio sebesar 1,27 dan nilai B/C rasio sebesar 0,27, sehingga dapat disimpulkan bahwa agroindustri gula merahmenguntungkan dan layak untuk diusahakan.

 

Kata kunci :Analisis Kelayakan Usaha, Gula Merah Tebu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Carter, W.K. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi 14.Jakarta: Salemba Empat.

Hansen, D.R. dan Maryanne M. Mowen. 2006. Akuntansi Manajemen. Edisi 7.Terjemahkan Dewi Fitriasari dan Deny Arnos.Jakarta: Salemba.

Harahap, Sofyan Syafri. 2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat.2008. Prospek dan Kelayakan Pengolahan Gula Aren Di Desa Makian Kecamatan Bacan Selatan, Halmahera Selatan.Jurnal Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, UNIVED. Agritepa, Vol. II, No.2.

Ibrahim Yacob, H. M. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipta, Jakarta

Joesron dan Fathorrazi.2012. Teori Ekonomi Mikro. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Joewono, Handito, Hadi. 2007. Jangan Sekedar Menang Bersaing, Edisi Pertama, Jakarta : PT. Gramedia.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Kedua. Cetakan Keempat. Jakarta : Penerbit Prenada Media Group.

Kunarjo, 2006.Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan. UI Press, Jakarta

Lesthari, AP. 2006. Pengaruh Waktu Tunda Giling Tebu dan Penambahan Natrium Metabilsulfit Terhadap Mutu Gula Merah Tebu.Jurnal Fakultas Teknoligi Pertanian. IPB.

Nafarin, 2007. Penganggaran Perusahaan, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Niswonger. 2006. Prinsip-Prinsip Akuntansi, Terjemahan Marianus Sinaga, Edisi 14, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Praditya.2010. Analisis Usaha Industri Gula Jawa Skala Rumah Tangga di Kabupaten Wonogiri.JurnalFakultas PertanianUniversitas Sebelas Maret. Surakarta

Puri, B. A. 2006.Kajian Pemurnian Nira Tebu dengan Membran Filtrasi dengan Sistem Aliran Silang (Crossflow).Skripsi. Departemen Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Purwono.2006. Penentuan Rendemen Gula Tebu Secara [email protected].

Rahmi, A. dan Hastuti, D.R.D. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Cimangis, Depok, Jakarta: Panebar Swadaya.

Santoso, H.B. 2007.Pembuatan Gula Tebu. Jakarta: Kanisius.

Soekartawi. 2006. Prinsip Dasar Manajeman Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subagyo, M. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek.Jakarta: Bumi Aksara.

Sukirno, 2006. Ekonomi Pembangunan Proses Masalah dan Dasar Kebijakan, Cetakan Ketiga, Jakarta: Kencana.

Suparmoko. 2010. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: BPFE

Supriyadi, A. 2012.Rendemen Tebu Liku-Liku Permasalahannya. Kanisius.Yogjakarta.

Syamsuddin. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tadjudin. 2007. Inovasi Dalam Akselerasi Agroindustri Perdesaan. Makalah Semiloka Menuju Desa 2020. Bogor, LPPM IPB.

Triasmadita, Melinda. 2016. Analisis Usaha Industri Pengolahan Gula Merah di Desa Penago II Kecamatan Ilir Talo (Kajian : Industri Rumah Tangga “Kelompok Sumber Rezeki” di Desa Penago II Kec. Ilir Talo Kabupaten Seluma). Jurnal Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, UNIVED ISSN : 2407 – 1315.

Yusria.2013. Analisis Biaya dan Pendapatan Pengolahan Gula Aren di Desa Tolowe Ponre Waru Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka.Jurnal Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.