ANALISIS RANTAI PEMASARAN DAN MARJIN PEMASARAN KERIPIK PISANG UD. ALI MANDIRI DI DESA MEUNASAH JOK KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN

Rika Alfira

Sari


Penelitian ini dilakukan pada UD. Ali Mandiri yang beralamat di Desa Meunasah Jok Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, yang dilakukan pada bulan Juli 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rantai dan efisiensi pemasaran usaha keripik pisang. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif berkaitan dengan saluran pemasaran dan yang dianalisis secara kuantitatif meliputi biaya pemasaran, keuntungan, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses pemasaran keripik pisang dilakukan melalui 2 (dua) saluran pemasaran. Dari kedua saluran pemasaran tersebut yang paling efisien dalam memasarkan keripik pisang adalah menggunakan saluran I yaitu produsen → pedagang pengecer → konsumen akhir. Hal ini dikarenakan nilai persentase marjin pemasaran yang diperoleh lembaga pemasaran pada saluran I bernilai lebih rendah yaitu 12,50% dan nilai persentase bagian yang diterima pemilik usaha bernilai lebih tinggi yaitu 87,50%.

 

Kata kunci : Analisis Pemasaran, Keripik Pisang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azis, A. 2017. Analisis Nilai Tambah dan Marjin Pemasaran Pisang Menjadi Olahan Pisang (Studi Kasus Pada Industri Kecil “Srikandi”) di Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor. Jurnal AgribiSains ISSN 2550-1151 Volume 3 Nomor 1.

Cahyaningsih Pamungkas. 2011. Analisis Pemasaran Beras Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani. Universitas Barawijaya. Malang. Volume VIII nomor 1.

Cahyawati, N. 2020. Analisis Nilai Tambah Keripik Pisang Kepok dan Sistem Pemasaran Pisang Kepok (Musa paradisiaca) di Kabupaten Pesawaran. Jurnal. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. JIIA, VOLUME 8 No. 1.

Grewal, Dhruv and Levy, Michael. 2014. Marketing, Fourth Edition. New York: The McGraw-Hill

Gusti Prassojo. 2012. Tataniaga Pertanian, Saluran Tataniaga, Marjin Tataniaga, dan Pemasaran. http://shaylife.blogspot.com/2012 /04/tataniaga-pertanian-saluran-tataniaga.html.

Kohls, R.L. dan J.N.Uhl. 2004. Marketing of Agricultural Product. Ninth Edition. Newyork: Macmillan Company

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2015. Principles of Marketing, Fifteenth Edition. England: Pearson Education

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga

Lamb, Hair dan McDaniel. 2001. Pemasaran, Edisi pertama Jilid 2. Jakarta : Salemba Empat

Lola, Amelia dkk. 2017. Analisis Peta Industri Makanan dan Minuman di Indonesia. Jakarta : The Indonesian Institute

Martin Ml Pasaribu. 2012. Integrasi Pasar TSB (Tandan Buah Segar) Kelapa Sawit Pedesaan Asahan dengan Pasar Nasional. Medan: Universitas Sumatera Utara

Putra Bisuk. 2009. Analisis Tataniaga dan Elastisitas Transmisi Harga CPO Internasional terhadap Harga TBS (Tandan Buag Segar) Kelapa Sawit. Fakultas Pertanian Universitas sumatera Utara.

Rahim. A. 2016. Identifikasi Distribusi Saluran Pemasaran Keripik di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu (Studi Kasus Usaha Keripik Ibu Pur). Naskah Publikasi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu.

Sanjaya, 2015. Produksi Biogas dari Campuran Kotoran Sapi dengan Kotoran Ayam. Jurnal teknik pertanian lampung. 2: 127-136.

Supriyadi, Ahmad dan Suyanti Satuhu. 2008. Pisang, Budidaya, Pengolahan dan. Prospek Pasar. Jakarta: Penebar Swadaya.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 2002. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu. 2002. Manajemen Penjualan. Yogyakrta: BPPE-Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.