PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI UDANG VANNAME DAN PETANI IKAN BANDENG DI KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN

Nahzati Nahzati, Muliari Muliari

Sari


Penelitian ini dilakukan pada usaha tambak udang vanname dan ikan bandeng di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, yang dilakukan pada bulan Mei 2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan yang di peroleh serta perbandingan pendapatan dari usahatani udang vanname dan ikan bandeng. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, rumus uji t dan uji SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa rata-rata pendapatan petani tambak udang vanname sebesar Rp. 2.429.208.063,93/Ha per periode panen, dan rata-rata pendapatan petani tambak bandeng sebesar Rp. 195.554.403,04/Ha per periode panen. Selanjutnya pengujian hipotesis terhadap perbandingan pendapatan usahatani tambak udang vanname dengan tambak bandeng diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 8,816 > 2,045, sama halnya pengujian dengan menggunakan SPSS 17,0 diperoleh nilai sig <  α  yaitu 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pendapatan usahatani tambak udang vanname dengan tambak bandeng.

 

Kata kunci       : Perbandingan Pendapatan, Usahatani Udang Vannamei dan Ikan Bandeng

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustini, 2010. Will Soft-Borned Milk Fish- A Tradisional Food Product From Semaarang City, Indonesia- Breakthough The Global Market Journal Of Coastal Development, 14 : (1)

Amri. 2018. Budidaya Udang Vannamei Secara Intensive, Semi Intensive Dan Tradisional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utami.

Andika, 2016.Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Udang Windu Dengan Udang Vannamai di Desa Berawang Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen”. Bireuen: Universitas Almuslim, Fakultas Pertanian.

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Bireuen, 2018. Bireuen Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen.

Baidrus Arlian.2016. Komparasi Finansial Hasil Tangkapan Pertahun di Pantai – Barat Selatan Dan Pantai Timur – Utara Provinsi Aceh.

Fakultas Kelautan Dan Perikanan Universitas Syiah Kuala.

Bappeda Aceh, 2017. Geografi Pemerintah Aceh. Badan Perencanaan Daerah, Provinsi NAD: Banda Aceh.

Ghufran, M. dan H. Kordi. 2011. Budidaya 22 Komoditas Laut Untuk Kosumsi Lokal dan Ekspor.Yogyakarta: Andi Offset.

Gustiana. 2013. Teori Pendpatan. Jakarta : Selemba Empat

Jurnal Badan Pusat Statistik. 2018. Bireuen Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen.

Rahim A., dan Hastuti D. R. D. 2008. Pengantar, Teori, dan Kasus Ekonomika Pertanian. Jakarta: PS.

Rosari, M. I. 2014. Pengaruh Ekstrak Kasar Buah Mahkota Dewa Sebagai Antioksidan pada Fillet Ikan Bandeng Segar. Jurnal Pengolahan Hasil Perikan 3(2).

Soekartawi .2007.Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas, Catatan ke 3. Jakarta: Rajawali pres.

Subagyo, P. 2015. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka. Cipta.

Sudjana. 2010. Metode Statistik (Edisi Ke 5). Bandung: Tarsoto.

Triyanti. R dan Hikmah. 2015. Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Udang dan Bandeng: Studi Kasus di Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.

Utomo.2012. Analisis Usaha Budidaya Udang Vannamei (Litopenaues) di Desa Gedangan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah

Walpole. 2005. Pengantar Statistik Edisi ke-3. Jakarta: Geamedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.