ANALISIS KELAYAKAN USAHA MANISAN PALA DI KOTA TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Studi Kasus Pada UD. Laris)

Halimatussa’diah Halimatussa’diah

Sari


Penelitian ini dilakukan pada UD. Laris Kota Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, yang dilaksanakan pada bulan September  2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha manisan pala di Kota Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, R/C Ratio dan B/C Ratio.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa usaha manisan pala UD. Laris Kota Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 84.944.833,-/tahun. Dari analisis R/C rasio diperoleh nilai 1,51, dan B/C rasio diperoleh nilai 0,51, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha manisan pala UD. Laris Kota Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan layak untuk diusahakan.

Kata kunci :Analisis Kelayakan, Usaha Manisan Pala


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Balitka. 2010. Revitalisasi Perkebunan Pala Siau, Sulawesi Utara. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 32(1): 4-6.

Boediono. 2008. Ekonomi Mikro Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE.

Buchari, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Penerbit Alfabeta Bandung.

Chelsy. 2014. Analisis Kelayakan Usaha Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Manisan Pala Di Kelurahan Aermadidi Kabupaten Minahasa Utara (Studi Kasus di Ud. Murni).Jurnal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Sam Ratulangi Fakultas Pertanian Manado.

Desrosier, N. W. 2008. Tekologi Pengawetan Pangan. Edisi Ketiga. Penerjemah: M. Muljohardjo. UI-Press, Jakarta.

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2017. Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Pala 2015-2017.Kementerian Pertanian. Online [http://ditjenbun.pertanian.go.id]

Harahap.S, 2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta Raja Grafindo.

Kakomole JB. 2012. Karakteristik Pengeringan Biji Pala (Myristica Fragrans H) menggunakan Alat Pengering Energi Surya Tipe Rak.Artikel. Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian-Universitas Samratulangi. 23 hlm.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Rahardi dan Hartono. 2006. Agribisnis Peternakan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahim, A. dan Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.