STRATEGI PEMASARAN USAHA KERUPUK NASI DI GAMPONG COT GEULUMPANG KECAMATAN PLIMBANG KABUPATEN BIREUEN

Ernita Ernita

Sari


Penelitian ini dilaksanakan pada usaha kerupuk nasi di gampong Cot geulumpang kecamatan Plimbang kabupaten Bireuen pada bulan Maret sampai April 2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran usaha kerupuk nasi digampong Cot geulumpang kecamatan Plimbang kabupaten Bireuen. Berdasarkan hasil analisa faktor inernal dan eksternal, rekomendasi strategi yang diberikan adalah strategi bertahan karena berdasarkan peta kekuatan internal dan eksternal SWOT menunjukkan posisi usaha kerupuk nasi berada pada kuadran II, artinya usaha kerupuk nasi digampong Cot geulumpang kecamatan Plimbang kabupaten Bireuen menghadapi ancaman dan kelemahan yang sangat kuat pengaruh terhadap pemasarankerupuk nasi. Untuk itu usaha kerupuk nasi dapat menggunakan strategi bertahan. Strategi ini dilakukan dengan cara memaksimalkan kekuatan yang ada untuk memperoleh kekuatan yang ada untuk memperoleh keuntungan, penjualan dan sebagainya guna mencapai pertumbuhan pengembangan usaha kerupuk nasi yang berkelanjutan. Pengusaha harus mempunyai pemasok bahan baku lebih dari satu atau sesuai kemampuan agar dapat memproduksi kerupuk nasi sehingga permintaan dapat terpenuhi dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk sehingga pelanggan tidak beralih walaupun adanya usaha sejenis.

 

Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Kerupuk, Analisa SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Austin. 2009. Karakteristik, Penerapan, danPengembangan Agroindustri Hasil Pertanian di Indonesia.

.http://research.mercubuana.ac.id/proceeding/penerapan_d an_pengembangan_agroindustrial.pdf.Diakses 1november 2015.

Budasih, (2014) Dengan judul Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram pada Kelompok Wanita Tani. Universitas Udayana

DindyDarmawantiPutri (2012) dengan judul Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan Di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyuma. UNSOED.

Ervandi Buruji (2013) dengan judul strategi pemasaran keripik pisang keju Di ukm qalifa kota gorontalo.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOTTeknik Membedah Kasus Bisnis. PT.GramediaPustakaUtama, Jakarta.)

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran di Indonesia,Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, , 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Laksana, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Puspita Sari Dewi (2009) Strategi pemasaran keripik nenas di desa kualu nenas.kampar

Radiosunu. 2007. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Analisis. Edisi 2. Yogyakarta

Rangkuti, Freddy.,2008, Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Swastha, D.H, Basu., 2010, Azas-azas Marketing, Edisi Kelima, Liberty Yogyakarta.

Soekartawi, 2007, Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Raja Grafindo, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.