PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN GULA MERAH TEBU DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH

Ernawati Ernawati, T M Nur

Sari


Penelitian ini dilaksanakan pada agroindustri gula merah milik Bapak Sukat Suwartodi Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, yang dilaksanakan pada bulan September 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek pengembangan usaha pengolahan gula merah tebu di Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah ditinjau berdasarkan keuntungan yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, pendapatan (penerimaan), keuntungan, Benefit  Cost (B/C) Ratio danReturn of Invesment (ROI). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa agroindustri gula merah tebu Bapak Sukat Suwarto di Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar  Rp. 175.505.500,-/tahun. Selanjutnya dari perhitungan B/C rasio diperoleh nilai 0,43 dan perhitungan ROI diperoleh nilai 79,39 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa agroindustri gula merah tebu Bapak Sukat Suwarto di Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan.

Kata kunci :Prospek Pengembangan, Usaha Pengolahan Gula Merah Tebu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azis, A. Jakfar. 2008. Analisis Prospek Pengembangan Industri Sirup Salak Bangkalan.JurnalJurusan Teknologi Industri PertanianFak. Pertanian Universitas Trunojoyo. ISSN 0216-0188.

Carter, William, 2009. Akutansi Biaya – Buku I Edisi 14. Penerbit Salemba. Jakarta.

Charles, Horngren. 2008. Biaya Akutansi – Penekanan Managerial Edisi XI Jilid 1. Penerbit PT. Indeks. Jakarta.

DPKKD.2015. Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.http://dpkkdbm.blogspot.co.id/

Dyckman, Thomas R. 2007. Akuntansi Intermediate, Edisi Ketiga, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Harahap, Sofyan, Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hernanto, 2012. Ilmu Usahatani. Departemen Sosial Ekonomi. Bandung.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Muray, 2011.Ilmu Usahatani dan Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: UI-Press

Nengah, I. K. P. 2010.Kajian Reaksi Pencoklatan Termal pada Proses Pembuatan Gula merah dari Aren.Tesis. Program Studi llmu Pangan, Pasca Sarjana. IPB.

Nurlela, 2012.Kajian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Warna Gula Merah.Skripsi.Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Prasetyoutomo .2012.Pengembangan Usaha http:// bimoprasetyoutomo. blogspot.co.id/2012/12/pngembangan-usaha.html

Puri, B. A. 2006.Kajian Pemurnian Nira Tebu dengan Membran Filtrasi dengan Sistem Aliran Silang (Crossflow).Skripsi. Departemen Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rahardi. 2009. Teori Biaya Produksi. http://www.library.ohiou.edu. Diakses pada 30 Februari 2017.

Rahim dan Hastuti, 2007. Metode Analisis Pendapatan. Penebar Swadaya. Jogyakarta.

Rosdiansyah. 2015. Permintaan Gula Merah Meningkat, Rafinasi Jadi Alternatif. Online.http://www.lensaindonesia.com/2015/01/24/permintaangulamerahmeningkatrafinasijadialternatif2. html. (Diakses 20 Maret 2017)

Santoso, H.B. 2007.Pembuatan Gula Tebu. Kanisius.Yogyakarta.

Soekartawi, 2006.Analisis Usahatani. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudarsono, Heri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Edisi Keempat. Yogyakarta: Ekonisia

Sukardi. 2010. Gula Merah Tebu: Peluang Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengembangan Agroindustri Pedesaan. Jurnal Departemen Teknologi Industri Pertanian Gedung Fateta Lantai II Kampus IPB Darmaga

Sukirno. 2007. Pengantar Teari Ekonomi Mikro. Penerbit: Raja Grafindo Persada Jakarta.

Surya. 2008. Manajernen Kinerja. Edisi ketiga. Kompas Gramedia Group. Jakarta

Utami, M. Fadilah. 2008. Studi Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu Di Kabupaten Rembang (Studi Kasus di Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang). Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.