STRATEGI PEMASARAN JAMBU MADU DI DESA ULEE JALAN KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEMAWE
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Jambu Madu UD Nursery agro Bahari di Desa Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhoksemawe.Penelitian ini dilaksanakan pada usaha Jambu Madu UD.Nursery agro Bahari di Desa Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhoksemawe. Penelitian akan dilaksanakan pada bulan September 2016 sampai selesai. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisi SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa Pemasaran Jambu Madu di desa Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe akan tepat apabila melakukan strategi diversifikasi. Posisi usaha berada pada kuadran II, hal ini menggambarkan situasi yang menunjukkan Jambu Madu di Ulee Jalan menghadapi berbagai ancaman, namun Jambu Madu ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar). Adapun tindakan yang direkomendasikan adalah Menjaga kualitas produk supaya dapat memberi kepuasan bagi konsumen jambu madu serta Mempertahankan harga agar lembaga pemasaran lain lebih konsisten dalam melakukan kerja sama sehingga memberi dampak terhadap peningkatan pendapatan usaha dan memanfaatkan modal yang ada untuk meningkatkan jumlah produksi sehingga pendapatan meningkat dengan adanya harga jual yang konstan.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, dan Analisis SWOT.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi universitas Indonesia: Depok-Jawa Barat
Basu Swasta dan Hani Handoko, 2011, Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.
David, Fred, R. 2008. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep,. Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta.
Dinas pertanian dan Peternakan Kota Lhokseumawe, 2015. dalam Angka 2015. Lhokseumawe
Eka Pratiwi. H. 2010.Strategi Pemasaran Industri Madu pada PTMadu Pramuka di Kabupaten Batang“.
Fandy, Tjiptono, 2011. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Andy offset, Yogyakarta.
Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit. Prenhalindo
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.Kotler, Philip. 2011. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks
Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Naim musyafik 2008. Pemasaran buah Jamdu(Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung).
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rhenald Kasali. 2009, Membidik Pasar Indonesia (segmentasi, targeting,positioning), PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rita Wahyuning Anjarwati,2009. Strategi Pemasaran Salak Pondok di Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.