ANALISIS PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL DENDENG SAPI DI CV. GUNUNG SEULAWAH ACEH

Ulfa Mastura

Sari


Penelitian ini dilakukan pada CV. Gunung Seulawah Aceh yang berlokasi di Desa Pante Riek Kecamatan Lueng Bata Kabupaten Aceh Besar, pada bulan Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan harga pokok dan harga jual dendeng sapi yang tepat pada CV. Gunung Seulawah Aceh. Metode analisi data yang digunakan dalam menetapkan harga pokok produksi dendeng sapi pada CV. Gunung Seulawah Aceh digunakan yaitu dengan menggunakan metode cost plus pricing dengan menggunkan dua pendekatan yaitu full costing dan variable costing, sementara untuk menentukan harga jual dendeng sapi pada CV. Gunung Seulawah Aceh dihitung dengan menambah biaya produksi dengan mark-up sebesar persentase tertentu dari kedua biaya. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa perhitungan harga pokok produksi yang diperoleh dengan pendekatan metode full costing adalah sebesar Rp 375,936,521  per bulan dengan harga pokok produksi setiap kilogram dendeng sapi adalah Rp 156,224. Harga jual dendeng sapi yang tepat di CV. Gunung Seulawah Aceh dengan pendekatan full costing yaitu sebesar Rp 195,279 per kg dengan persentase mark-up sebesar 25% dan ROI 19,98 %. Sedangkan harga jual dendeng sapi dengan pendekatan variabel costing adalah sebesar 175,702 per kg dengan persentase mark-up 25%dan ROI 18,2%. Selisih harga untuk keduanya dengan harga jual yang di terapkan oleh CV. Gunung Seulawah Aceh yaitu Rp 4,721 dan Rp 24,298.

 

Kata kunci : Harga Pokok Produksi, CV. Gunung Seulawah Aceh, Harga Jual,

                     Dendeng Sapi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Carter William.K. (2009). .AkuntansiBiaya Cost Accounting.Salemba Empat.Jakarta.

Hansen,D.R.danM.M.Mowen.(2004). AkuntansiManajemen.SalembaEmpat, Jakarta.

Kuswadi. (2005).MeningkatkanLabamelaluiPendekatanAkuntansiKeuangandan

AkuntansiBiaya.PTElexMediaKomputindoGramedia,Jakarta.

Manullang.(2004). Pengantar EkonomiPerusahaan.Ghalia Indonesia,Jakarta.

Mulyadi. (2004) .AkuntansiBiaya.EdisiLima.YKPN,Yogyakarta.

Mulyadi. (2005). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: STIE YKPN.

Mulyadi. (2007). ActivityBasedCostingSystem.Yogyakarta:UPPSTIMYKPN.

Mulyadi.(2005).AkuntansiBiaya.EdisiEnam.STIE,Yogyakarta.

Mulyadi.(2010).AkuntansiBiaya.Unit penerbit dan percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.Yogyakarta.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE.

Mulyadi. (2008). Akuntansi Manajemen: konsep manfaat dan rekayasa. Edisi 3, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Nadyalah Sulfa.(2014). Proses Penentuan Harga Jual Pada Rumah Makan Citra Minang di Makassar.Skripsi : Universitas Hasanuddin Makassar.

Ni Komang. (2015).Perhitungan HargaPokok ProduksiKeripik SalakDanKeripik NangkaKelompokTani AdiGuna Harapan KarangasemBali. Skripsi :JurusanTeknologiIndustri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian UNUD.

RA.Supriyono. Dan Mulyadi. (2001). Akuntansi Manajemen.Buku pertama.Edisi pertama.Yogyakarta :BPFE, Gajah Mada.

Rayburn, L. G. (2007). Akuntansi Biaya. Jakarta: Erlangga.

Rezky Rashinda. (2014). Penggunaan Process Costhing Methode Sebagai Dasar Dalam Perhitungan HargaPokok ProduksiYang BerfungsiIUntuk Meningkatkan Akurasi Alokasi Biaya Pada UMKMAnanda Jaya Industri. Skripsi :Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomidan BisnisUniversitas Dian Nuswantoro.

Risma Kusumawati. (2016). Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Harga Jual Pakan Ikan Nila Dan Lele Di Koperasi Desa Mina Gunung Kidul.Skripsi : Program Studi Akuntaansi Departeman Ekonomika Dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada.

Subagyo, S. (2006). Penentuan Harga Pokok Produksi Teh di PT Perkebunan Tambi Kabupaten Wonosobo. Tugas Akhir Diploma: Universitas Negeri Semarang.

Supriyono. (2005). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE.

Supriyono.(2010). Akuntansi Biaya Pengumpulan dan Penentuan Harga Pokok.Edisi kedia.Cetakan keempat belas.BPFE.Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.