STRATEGI PEMASARAN USAHA KERIPIK UBI (Studi Kasus di UD. Narasa Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen)

Putri Zahara, Halus Satriawan

Sari


Penelitian ini telah dilaksanakan pada Usaha Keripik Ubi UD.Narasa di desa Seunebok Aceh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan pada bulan Februari 2016.Tujuan penelitian ini Untuk merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Keripik Ubi UD.Narasa di desa Seunebok Aceh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha.Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis Kekuatan dan Kelemahan.Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan Peluang dan Ancaman. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan eksternal, Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Progresif, artinya UD.Narasa kecamatan Peusangan Bireuen dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Keripik Ubi, Industri Rumah Tangga, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi universitas Indonesia: Depok-Jawa Barat.

Frihartinih.2007. Strategi dan Program Pemasaran. Andi, Yogyakarta.

Hendayana.2011. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip, dan Amstrong, Gary, 2002. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Imajinasi pemasaran, erlangga, Jakarta.

Rangkuti freddy. 2007. Tehnik membedah kasus bisnis, penerbit : pt. gramedia pustaka utama, Jakarta.

Reny, 2012.Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makassar.

Rina Madyasari. 2008. Analisis SWOT untuk mengetahui Posisi Perusahaan dan Implementasinya terhadap Strategi Bersaing (Studi kasus pada BNI Syariah Kantor Cabang Semarang).

Stanton, William, 2006. Prinsip Pemasaran, Edisi ketujuh, jilid 2, cetakan keempat. Gelora Aksara Pratama.

Sugiono, 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta .

Sutomo. 2005. Analisis ekonomi proyek – proyek pertanian universitas Indonesia. Ui press, Jakarta.

Syakiruddin. 2003. Analisis perencanaan proyek, fakultas ekonomi universitas syiah kuala.

Tjiptono, Fandy, 2006. Strategi pemasaran, penerbit andi, Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.