STRATEGI PEMASARAN USAHA KUE CAKAR AYAM (Studi kasus di UD. Syarbaini Desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen)

Marlinawati Marlinawati

Sari


Penelitian telah dilaksanakan pada Usaha Kue Cakar Ayam di desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan pada bulan Desember 2015. Tujuan penelitian ini Untuk merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Kue Cakar Ayam UD. Syarbaini di desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha. Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis Kekuatan dan Kelemahan. Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan Peluang dan Ancaman. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan eksternal, Rekomendasi strategi yang diberikan adalah strategi Bertahan (Defensif Strategy) karena berdasarkan peta kekuatan internal dan eksternal SWOT menunjukkan Posisi UD. Syarbaini berada pada Kuadran IV, artinya UD. Syarbaini Desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen menghadapi ancaman, dan Kelemahan yang sangat kuat pengaruh terhadap pemasaran kue cakar ayam. Untuk itu Usaha kue cakar ayam pada UD. Syarbaini dapat menggunakan Strategi Bertahan (Defensif Strategy).

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Kue Cakar Ayam, Home Industri, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi universitas Indonesia: Depok-Jawa Barat

Angipora. 2002.Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius.Yogyakarta.

Budi Setiawan (2010). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Bambu Di Wilayah Kampung Pajeleran Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.

Frihartinih, Lusy. 2007. Strategi Bauran Pemasaran Keripik Pisang Di Perusahaan Padi Kapas Desa Kenanga, Kec. Sindang, Kab. Indramayu, Propinsi Jawa Barat”Fandy Tjiptono.2000. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta 2000.

Fakultas Pertanian. 2013. Pedoman Penyusunan Skripsi. Universitas Almuslim. Bireuen.

Hendayana. 2011. Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan Agus Maulana. Edisi.6.Jilid I. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Henni, Widyaningsih (2010). Analisis SWOT Dan Promosi Kerajinan Bambu Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, edisi millennium, jilid 1. PT. Prenhalindo, Jakarta. (p529-p534)

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Lilik Sunarsih (2015). Strategi Pemasaran Home Industry Pengrajin Anyaman Bambu Di Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.

Rachmat Ramli. 2008. Membidik Pasar Indonesia (segmentasi, targeting,positioning), PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2006. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Reny, 2012.Analisis Strategi Pemasaran. PT. Koko Jaya Prima Makassar.

Rina Madyasari. 2008. Analisis SWOT untuk mengetahui Posisi Perusahaan dan Implementasinya terhadap Strategi Bersaing (Studi kasus pada BNI Syariah Kantor Cabang Semarang).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.