ANALISIS PENDAPATAN USAHA ROTI LAPIS CAP APEL DI DESA COT TUFAH KECAMATAN GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN

Ernita Ernita

Sari


Penelitian ini telah dilakukan di  Desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pendapatan usaha roti  lapis  di Desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada masalah analisis Pendapatan Usaha Roti Lapis Cap Apel Desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa  biaya total  usaha Roti Lapis Cap Apel di Desa Cot  Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen  adalah sebesar Rp 27.227.300,00,-perbulan. Penerimaan yang diperoleh per bulan sebesar Rp 37.700.000,00,-. Keuntungan yang diperoleh pengusaha kue adalah sebesar Rp 10.472.700,00,- yang berarti Usaha Roti Lapis cap apel di Desa Cot Tufah secara ekonomi menguntungkan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan usaha kue yang diteliti merupakan usaha yang menguntungkan secara ekonomi karena usaha  kue tersebut memiliki nilai R/C ratio  lebih besar daripada  1(R/C ratio  >  1) yaitu 1,384 yang berarti setiap satu rupiah biaya yang dikeluarkan akan mendapatkan pendapatan sebesar 1,384 x dari biaya yang dikeluarkan.

 .  

Kata Kunci :  Pendapatan Kotor, Pendapatan Bersih, R/C Ratio

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting, EdisiKedelapan, Yogyakarta; BPFE.

BilsonSimamora, 2002, PanduanRisetPerilakuKonsumen, Surabaya:PustakaUtama.

Gasperz. (2009).Total Quality Management: UntukPratiksiBisnisdanIndustri. Jakarta:PT. GramediaPustakaUtama.

Hanani, N. 2003 Strategi Pembangunan Pertanian. PercetakanPustakaJogjaMandiri. Bantul.Yogyakarta.

Ika. (2010). Analisis Usaha IndustriEmpingMelinjoSkalaRumahTangga Di KabupatenMagetan.[Jurnal]Jurusan/Program StudiSosialEkonomiPertanian/Agrobisnis. FakultasPertanianUniversitasSebelasMaret Surakarta.

Kasmita, Viky( 2010). Analisa Usaha Dan BauranPemasaranPada Usaha Kecil American Bakery Di Kota Padang[skripsi]: Program SarjanaEkstensiManajemenAgribisnis. Fakultaspertanianuniversitasandalaspadang.

Lipsey et al. (2003).PengertianPendapatanhttp://[email protected](8 juli 2014).

Nasikh.2001.RahasiaSukses Usaha Kecil danMenengah (UKM) MartabakManis, Jakarta: PT GramediaPustakaUtama.

Rahardi.(2009). Sosiopragmatik.Jakarta.Erlangga.

Said.(2004). MetodePenelitianBisnis. Alf ABETA. Bandung.

Santi.2009. Analisis Usaha Agroindustri Keripik Belut Sawah (Mono p teru sal bus zuieuw) Di Kabupaten Klaten [skripsi]. Bogor: Program SarjanaEkstensiManajemenAgribisnis. FakultasPertanian. InstitutPertanian Bogor.

Soeharjo, 1991.KonsepdanRuangLingkup Agroindustri dalam Kumpulan Makalah Seminar Agribisnis.Buku I. JurusanIlmu-ilmuSosialEkonomiPertanian.FakultasPertanian IPB. Bogor.

Soekartawi, 2003.PrinsipEkonomiPertanian. Rajawali Press. Jakarta.

Soemarso, Jakarta, 2004, A kuntansisebagaipengantar :salembaempat.

Soekartawi .2005. AgribisnisTeoridanAplikasinya.Jakarta: Raja GrafindoPersada: Jakarta..

Supardi, 2000.,Pascaldan Flowchart, Dinastindo, Jakarta.

Sugiyono. 2007.IlmuUsahatani. JurusanIlmu-ilmuSosialEkonomiPertanian.FakultasPertanian. IPB. Bogor.

Zulkifli. 2006. AnalisisPendapatan Dan NilaiTambahPada Agroindustri KeripikUbi Di Kecamatan Tanah LuasKabupaten Aceh Utara [skripsi]. Program studiagribisnisFakultaspertanianuniversitasmalikussalehKabupatenacehutara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.