STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SUSU KEFIR DI DESA PANTE GAJAH KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Monatun Hasanah, Saiful Hurri

Sari


Penelitian ini dilakukan pada usaha susu kefir di Desa Pante Gajah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, tepatnya pada usaha susu kefir Ibu Rosnita, yang dilaksanakan pada bulan Maret 2019.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta menyusun strategi pengembangan susu kefir di Desa Pante Gajah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah “produk berkualitas” dan kelemahannya “kapasitas produksi masih terbatas”. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah “kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi minuman sehat” dan ancamannya “terbatasnya bahan baku susu kambing”.Dari hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk melakukan pengembangan usaha susu kefir di Desa Pante Gajah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen adalah menggunakan strategi agresif yaitu dengan cara “menjaga kepercayaan konsumen dengan berusaha menjaga kualitas produk agar permintaan selalu kontinyu” dan “memanfaatkan pengalaman usaha sebagai upaya menjaga hubungan baik dengan para mitra untuk memudahkan memperoleh bahan baku dan memasarkan produk”.

Kata kunci :Strategi Pengembangan, Usaha Susu Kefir.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buckle, Tamime AY, Robinson EK. 2010. Yoghurt Science and Technology. London: Pergamon Press Ltd.

Hernanto. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian, Edisi 3, LP3ES, Jakarta

Jatmiko, RD . 2008. Pengantar Bisnis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Siagian. 2009. Manajemen Strategi. http://blog-siagian.blogspot.com. Diakses tanggal [02Desember 2018].

Sianipar dan Entang. 2008. Teknik- Teknik Analisis Manajemen. Bahan Ajar Diklat PIM Tingkat II.

Soeharjo, Patong, 2003. Ilmu Usaha Tani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia UNS. Surakarta.

Soekartawi, 2002. Analisis Usahatani. Fakultas Ekonomi Uneversitas Indonesia. Jakarta.

Soekartawi, 2007. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern. Pustaka Harapan, Jakarta.

Stanton, William J. 2007. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto, Erlangga.

Supranto dan Nandan.2007. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Suryana.2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses.Jakarta Selatan. Salemba Empat

Tjiptono. 2008. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogykarta.

Umar, H. 2001. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia.

Usmiati. 2007. Strategi Pengembangan Usaha Susu Pasteurisasi [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Zakaria. 2009. Introduksi teknologi pengolahan susu pasteurisasi untuk meningkatkan pendapatan peternak sapi perah di Kunak Cibungbulang. Laporan Penelitan. Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan. IPB


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.