TINGKAT MOTIVASI KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI KOPI ARABIKA DI KEDAI KOPI LE PARTE MATANGGLUMPANGDUA KABUPATEN BIREUEN

Fitrati Fitrati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kedai Kopi Le Parte, karakteristik konsumen  kopi, dan tingkat motivasi konsumen kopi arabica di kedai Kopi Le Parte. Metode dasar pada penelitian ini mengunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara deep interview, dan pengumpulan data sekunder diperoleh dari pihak terkait dan dokumentasi selama penelitian. Responden penelitian diambil dari 40 konsumen kopi yang mengkonsumsi kopi di kedai Kopi Le Parte dengan metode incidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kopi Le Parte didirikan dengan tujuan mengedukasi pengunjung tentang kopi sehingga ramai dikunjungi pencinta kopi, karakteristik konsumen kopi di kedai kopi Le Parte mayoritas berada pada rentang usia 20-40 tahun, dan secara keseluruhan tingkat motivasi konsumen kopi arabika di Kopi Le Parte berada pada kategori Tinggi.

 

Kata Kunci : Motivasi Konsumen, Kopi Arabika, Le Parte.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiguna Gadung (2015) Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia di Kota Bandar Lampung 1. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung

Afrilia (2010) Analisis Sikap dan Kepuasan Konsumen Terhadap The Celup Walini, Analisis Multi Atribut Fishbei. Fakultas ekonomi dan manajemen institut pertanian bogor. Bogor

Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia. Konsumsi Kopi Domestik. http://www.aeki-aice.org/page/konsumsi-kopi-domestik/id (Online) diakses 19 Maret 2018.

Badan Bahasa KemDikBud Republik Indonesia. Kedai, Warung, Pasar, Toko Dan Plaza.http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/ petunjuk_praktis/551 (Online) diakses1 9 Maret 2018.

Budiman, Haryanto. 2012. Prospek Tinggi Bertanam Kopi Pedoman Meningkatkan Kualitas Perkebunan Kopi. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Gadung Adiguna (2015) Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia di Kota Bandar Lampung.

Hariwijaya dan Triton. 2011. “Pedoman Penulisan Ilmiah skripsi dan Tesis”. PT. Suka Buku: Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 2007. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara. Jakarta

JPW Kopi Indonesia. 2014. Kopi Arabika Dan Kopi Robusta. http://www.specialtycoffee.co.id/kopi-arabika-dan-kopi-robusta/ (online) diakses 19 Maret 2018.

Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nurazizi, Reza Dwiyan. 2013. Kedai Kopi Dan Gaya Hidup Konsumen. http://brawijaya.academia.edu/RezaDwiyanNurazizi/Papers(Online) diakses 19 Maret 2018.

Putra, Dody Wijaya. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pembelian kopi di kedai kopi kota Yogyakarta. Perpustakaan Fakultas Pertanian UMY. Yogyakarta.

Setiadi. Nugroho.J. SE, MM. 2003.” Perilaku Konsumen”. Perpustakaan Nasional. Bogor.

Uno, B Hamzah. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara. Jakarta.

Yuliana, Erlimia Eka Noor. 2015. Hubungan Konsumsi Kopi Dan Hipertensi Pada Lanjut Usia. http://eprints.uns.ac.id/17514/ (online) diakses 9 0ktober 2018.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik. CV Pustaka Setia. Bandung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.