STRATEGI PEMASARAN BANDENG TANPA DURI DI UD. PANGKAINA KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN

Irza Winanda, Elfiana Elfiana

Sari


Penelitian ini dilakukan di UD. Pangkaina Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan pada bulan September tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam Strategi Pemasaran dan Mengindentifikasi strategi pemasaran yang tepat bagi pelaku usaha Bandeng tanpa duri di UD. Pangkaina. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha. Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis fungsi pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan keuangan. Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan makro dan mikro. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utama pelaku usaha adalah berpengalaman dalam teknik pembuatan, sedangkan kelemahan utama adalah kurangnya akses pasar. Berdasarkan hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utama adalah peminat Bandeng tanpa duri tinggi dan ancaman utama bagi pelaku usaha adalah penjualan rendah. Strategi terbaik yang cocok untuk usaha Bandeng tanpa duri adalah menggunakan strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk) atau integratif (integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal). Berdasarkan hasil analisis SWOT adalah Memperkuat dan mempertahankan daerah pemasaran yang sudah ada dengan cara menjaga kualitas produk dan mempertahankan produksi yang sudah baik. Dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat usaha Bandeng tanpa duri di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, dapat menjadi peluang untuk mengembangkan usaha home industri Bandeng Tanpa Duri.

Kata kunci : Strategi pemasaran, Bandeng tanpa duri, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fandi Tjiptono, 2010, Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fandy Tjiptono. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset.

Fitria Dina Riana, 2003. Teori Pemasaran, Aspek Pasar dan Strategi Pemasaran Perusahaan. Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Jauch, Lawrence R dan William F. Gluek. 2003. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga,Jakarta.

Gitosudarmo, H.I. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. BPFE UGM, Yogyakarta.

Gulan, 2008. Strategi Pemasaran Sapi Potong PT. Prisma Mahesa Unggul (PT. PMU), Jakarta Utara.

Haryatama Cahya, 2011. Analisis SWOT untuk Menentukan Posisi Perusahaan dalam Persaingan Usaha

Kotler, P. 2014. Marketing. Jilid I. Erlangga. Yogyakarta.

Kotler, Philip alih bahasa oleh Jaka Wasana. 2014. Edisi Kelima Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan & Hamdani, 2008. Manajemen Strategi Dalam Organisasi. Yogyakarta : Med Press

Marco Hutomo (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Distribusi Bahan-Bahan Kue Pada Perusahaan Keluarga PT. Aries Centaurus (Rencana Pengembangan Fungsi Sumber Daya Manusia).

Philip Kotler dan Amstrong, 2001. Principle of Marketing, Edisi 9. Prentice Hal. inc, Nem Jersey.

Rangkuti, Freddy, Mengukur Kepuasan Pelanggan, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2012 Dergibson Siagian Sugiarto, Metode Statistika Untuk Bisnis Dan Ekonomi, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Salusu, J. 2012. Pengambilan Keputusan Strategi Untuk Organisasi. Jakarta : Grafindo


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.