STRATEGI PEMASARAN BUMBU MASAK PADA UD. GUNONG SALJU DI DESA ULEE TUTU RAYA KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE

Hasni Fitri, Syarifah Maihani

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima Kabupaten Pidie pada bulan Juni 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta menyusun strategi pemasaran bumbu masak di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT. Dari hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah merek produk sudah dikenal, sedangkan kelemahan utama adalah kapasitas produksi terbatas. Hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikasikan peluang utama adalah permintaan konsumen meningkat dan ancaman utama adalah naiknya harga bahan baku. Berdasarkan hasil analisis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk melakukan pemasaran Bumbu Masak Kering di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima  Kabupaten Pidie adalah menggunakan strategi growth oriented yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yaitu dengan cara memenuhi  permintaan konsumen yang meningkat dengan tetap menjaga kualitas produk agar merek produk semakin dikenal dan memanfaatkan jasa mitra usaha untuk memperoleh bahan baku dan memasarkan produk agar kegiatan produksi dapat terus dilakukan secara kontinyu.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Bumbu Masak Kering.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adnan, Amal. 2010. Kepulauan Rempah-Rempah. Jakarta : Populer Gramedia.

Hafsah. 2009. Gizi Masyarakat. PT BPK Gunung Mulia. Jakarta.

Halimah. 2015. Analisis Pendapatan dan Strategi Pengembangan Usaha Bumbu Masak di Kota Banda Aceh. Jurnal Universitas Syiah Kuala. (Online) [http://library.unsyiah.ac.id Email: [email protected]]. Diakses

Hambali E. 2008. Membuat Aneka Bumbu Instan Kering. Penebar Swadaya. Jakarta.

Kotler. 2012. Marketing. Jilid I. Erlangga. Yogyakarta.

Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Maya. T. Yonete. 2013. Strategi Pemasaran Produk Kecap Ikan (Studi Kasus pada UP2KS Sari Laha di Kota Ternate). Jurnal Ilmiah agribisnis dan Perikanan agrikan UMMU-Ternate (Volume 6 Edisi 2 (Oktober 2013))

Mubyarto. 2009. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi 111, LP3S: Jakarta.

Puspitadewi. 2008. Teori Produksi. http://www.library.ohiou.edu. Diakses (09 Maret 2017)

Rangkuti. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia. Pustaka Utama Jakarta.

Saidah, Z. 2012. Strategi Pemasaran Tauco Cap Biruang di Kabupaten Cianjur. Jurnal Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung, Indonesia. (Sosiohumaniora, Volume 14, No. 1, Maret 2012 : 24 – 37).

Sianipar dan Entang. 2008. Teknik- Teknik Analisis Manajemen. Bahan Ajar Diklat PIM Tingkat III

Soekartawi. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Jakara.

Supranto dan Nandan. 2007. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Swastha dan Handoko, 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono. 2008. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogykarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.