RESPON MASYARAKAT TERHADAP PENDISTRIBUSIAN BERAS RASKIN DI DESA BLANG DALAM KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus Desa Blang Dalam Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen)

Suheri .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian telah dilakukan di Desa Blang Dalam Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Respon Masyarakat Terhadap Proses Pendistribusian Beras Raskin bagi keluarga miskin serta menganalisis hubungan antara karakteristik responden dengan respon masyarakat penerima Raskin terhadap program raskin. Lokasi penelitian dilakukan dengan menentukan populasi, serta pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara simple populasi dengan jumlah sampel sebanyak 150 Kartu Keluarga (KK). Pelaksanaan Program Raskin di Desa Blang Dalam dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hubungan antara karakteristik responden dengan respon masyarakat penerima Raskin dilakukan dengan Observasi, kuisioner (angket) dan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan penyaluran Raskin di Desa Blang Dalam sangat memuaskan bagi masyarakat dikarenakan program raskin disalurkan sama rata, sehingga semua masyarakat Desa Blang Dalam mendapatkan beras raskin. Raskin dibagikan kepada rumah tangga penerima sebesar 15 kg/RTS dengan harga Rp1.600/Kg.

 

Kata kunci : Respon Masyarakat, Penditribusian Beras Raskin.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adi, Isbandi Rukminto. 1994. Psikologi Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejaheraan sosial, dasar-dasar pemikiran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Anonimus. 2012.http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-partisipasimenurut-para.html

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

BULOG.2012. http://www.bulog.co.id/sekilasraskin_v2.php

Faisal, Sanafiah. 1989. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Perss

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Musawa, Maryam. 2009. Studi Implementasi Program Beras Miskin (RASKIN) di wilayah Kelurahan Gajahmungkur Kecamatan gajahmungkur Kota Semarang. Jurusan Magister Administrasi Publik-Program Studi Magister Ilmu Administrasi. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Saputra, Rahmat.2011.Respon Masyarakat terhadap Program Beras untuk Keluarga Miskin di Kelurahan Belawan I, Kecamatan MedanBelawan.Medan : Universitas Sumatera Utara

Siti Ulparia Lubis, Tavi Supriana, dan Emalisa, 2013. Respon Masyarakat Penerima Raskin Terhadap Program Beras Bagi Keluarga Miskin (RASKIN). Medan.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Sumodiningrat, Gunawan. (2009) Strategi pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan. Materi kuliah umum Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya, Malang

Suryana, A. 2003. Review kebijakan berasnasional. Dalam A. Suryana (ed.). Kapita Selekta Evolusi Pemikiran Kebijakan Ketahanan Pangan. BPFEYogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.